Find Us On Social Media :

Lima Tips Menyusun Meja Kerja

By Monalisa Darwin D, Minggu, 2 Agustus 2015 | 18:00 WIB

Lima Tips Menyusun Meja Kerja

Intisari-Online.com - Meja kerja yang berantakan dapat mempengaruhi mood kita dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas. Nyatanya, untuk mendapatkan tempat kerja yang nyaman, kita tidak harus memiliki perlengkapan kerja yang mewah, cukup ciptakan meja kerja yang rapi. Kerap kali kita bingung harus dari mana kita memulai mengatur meja kerja. Nah, berikut ini ada lima tips menyusun meja kerja:

1. Singkirkan benda yang sudah tidak terpakai selama enam bulan

Apa pun benda yang sudah tidak terpakai selama enam bulan, sebaiknya singkirkan dari meja kerja kita. Baik dokumen, kertas, dan lainnya yang sudah tidak pernah digunakan. Ini merupakan langkah pertama untuk merapikan meja kerja kita.

2. Memilah dokumen

Jika kita ragu dengan dokumen di meja kerja yang masih akan terpakai atau tidak, sebaiknya kita kembali memilahnya. Pastikan dokumen mana saja yang benar-benar sudah tidak berguna dan yang mana yang sekiranya masih diperlukan. Tidak hanya dokumen berbentuk hard copy, namun soft copy di dalam komputer juga sebaiknya kita pilah atau scan. Susun setiap dokumen ke dalam folder dengan rapi, ini juga tentunya membantu kita agar lebih terorganisir.

3. Tandai laci di meja kerja

Untuk menyusun meja kerja menjadi lebih rapi, setiap peralatan dan perlengkapan sebaiknya disimpan di dalam laci. Tidak hanya sekadar menyimpan, kita harus menandai setiap laci agar lebih terorganisir. Misalnya, laci teratas untuk menyimpan segala alat tulis, laci kedua menyimpan dokumen-dokumen, dan selanjutnya.

4. Letakkan hanya barang sehari-hari di meja kerja

Jangan menaruh barang atau benda yang tidak penting di meja kerja. Biarkan hanya benda-benda yang digunakan sehari-hari untuk bekerja yang ada di atas meja. Dengan begitu, meja kerja kita akan terlihat lebih bersih dan luas.

5. Kategorikan dan tempatkan setiap benda di masing-masing sudut

Tips menyusun meja kerja yang terakhir adalah jika kita memiliki ruang kerja yang cukup besar, sebaiknya tempatkan setiap benda yang sama menjadi satu dan letakkan di satu kabinet, kemudian susun mereka di tiap sudut ruangan. Misalnya, abinet pertama berisi buku-buku, kabinet kedua berisi dokumen, dan seterusnya. Lalu, masing-masin kabinet diletakkan di tiap sudut ruangan, hal ini akan memberikan karakter tersendiri untuk ruang kerja kita.