Find Us On Social Media :

Masuknya Berbagi Kebudayaan Asing ke Indonesia, Apakah Menjadi Sebab Lunturnya Kecintaan Generasi Muda Terhadap Kebudayaan Nusantara?

By Afif Khoirul M, Minggu, 21 Mei 2023 | 15:05 WIB

Ilustrasi - Kebudayaan Asing

Intisari-online.com - Dalam soal PKN kelas XI halaman 135 memuat soal berjudul "Menurut kalian, masuknya berbagai kebudayaan asing ke Indonesia, apakah menjadi sebab lunturnya kecintaan generasi muda terhadap kebudayaan nusantara? Berikan penjelasan!"

Nah, kali ini Intisari Online akan memberikan jawaban dari pertanyaan tersebut.

Jawaban:

Menurut saya, masuknya berbagai kebudayaan asing ke Indonesia tidak selalu menjadi sebab lunturnya kecintaan generasi muda terhadap kebudayaan nusantara. Ada beberapa alasan yang dapat saya jelaskan:

- Pertama, kebudayaan asing dapat menjadi sumber inspirasi dan inovasi bagi generasi muda untuk mengembangkan kebudayaan nusantara.

Misalnya, dalam bidang seni musik, banyak musisi muda yang menggabungkan unsur musik tradisional dengan musik modern dari luar negeri, seperti gamelan, angklung, sasando, dan lain-lain.

Hal ini menunjukkan bahwa generasi muda masih menghargai dan mencintai kebudayaan nusantara, sekaligus berkreasi dengan kebudayaan asing.

- Kedua, kebudayaan asing dapat menjadi salah satu daya tarik bagi bangsa asing untuk mengenal dan mengapresiasi kebudayaan nusantara.

Misalnya, dalam bidang pariwisata, banyak wisatawan asing yang tertarik untuk mengunjungi Indonesia karena keberagaman budayanya yang menarik perhatian.

Beberapa di antaranya seperti kebudayaan di Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan dan Papua.

Hal ini dapat meningkatkan rasa bangga dan cinta generasi muda terhadap kebudayaan nusantara yang memiliki nilai luhur dan kearifan lokal.

Baca Juga: Apakah Globalisasi Berpengaruh Terhadap Pembentukan Identitas Kita?