Find Us On Social Media :

5 Cara Membongkar Lowongan Pekerjaan yang Tersembunyi

By Ade Sulaeman, Rabu, 16 September 2015 | 15:30 WIB

5 Cara Membongkar Lowongan Pekerjaan yang Tersembunyi

Intisari-Online.com - Merasa lowongan pekerjaan yang tersedia di situs-situs pencarian kerja atau iklan di koran-koran sangat sedikit? Jika, iya, berarti lima cara untuk membongkar lowongan pekerjaan yang tersembunyi ini wajib dicoba.

1) Mengubah cara berjejaring: Buatlah jaringan sebagai kebiasaan, bukan sesuatu yang kita lakukan hanya ketika kita butuh pekerjaan. Ketika sudah merasa cukup akrab, berbagilah cerita tentang kondisi kita yang sedang mencari pekerjaan serta posisi, perusahaan dan bidang yang dicari dan diminati.

2) Bergabung dengan kelompok jaringan profesional: Jaringan sesama pencari kerja. Bergabung dengan kelompok dukungan pencarian kerja nasional atau regional. Untuk menemukan sebuah organisasi dukungan pencarian kerja lokal, periksa koran.

3) Langsung menghubungi perusahaan: Mencari tahu siapa manajer personalia. Kirim email atau telepon untuk memperkenalkan diri dan menjelaskan bagaimana latar belakang dan pengalaman akan berguna di sana. Gunakan LinkedIn untuk memperkenalkan kepada pengambil keputusan oleh salah satu koneksi kita. Alangkah lebih baik jika kita mendapat referensi dari mereka.

4) Mendaftar Google News Alerts: Dengan cara ini, kita akan menjadi orang yang pertama tahu ketika salah satu, katakanlah, perusahaan menambah ruang kerja setelah menandatangani kesepakatan kemitraan besar atau menerima sebuah pendanaan baru. Ini semua adalah tanda-tanda perusahaan mulai mencari pekerja.

5) Menghadiri pameran dagang: Pameran dagang dan konvensi adalah tempat yang ideal untuk menambang pasar kerja tersembunyi, membuat kontak baru, belajar tentang lowongan yang belum dikirim, membantu kita mendapatkan wawancara dan menyediakan akses ke orang yang berpengaruh untuk memberi kita pekerjaan.

(Forbes via thecareernews.com)