Find Us On Social Media :

Catat! Inilah Manfaat Sejarah dalam Kehidupan Sehari-hari Kita

By Ade S, Selasa, 16 Mei 2023 | 09:03 WIB

Tugu Proklamasi, salah satu monumen bersejarah di Indonesia. Inilah manfaat sejarah dalam kehidupan sehari-hari.

Intisari-Online.com - Kita tentu memahami bahwa sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa masa lalu yang berkaitan dengan manusia dan kebudayaannya.

Kita juga tentunya sudah mengetahui bahwa sejarah tidak hanya berisi kumpulan fakta dan tanggal, tetapi juga mengandung nilai-nilai dan pelajaran yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, dapatkah kita menjelaskan berdasarkan pendapat dan pengalaman kita tentang manfaat sejarah dalam kehidupan sehari-hari?

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa manfaat sejarah yang dapat meningkatkan kualitas hidup kita, baik secara pribadi maupun sosial. 

Manfaat Sejarah Secara Intrinsik

Secara intrinsik, sejarah berguna sebagai pengetahuan. Ada empat manfaat sejarah secara intrinsik, sebagai berikut:

1) Sejarah sebagai ilmu

Artinya sejarah merupakan ilmu yang terbuka, di mana setiap orang tanpa terkecuali bisa mempelajari dan menggunakan sejarah sebagai ilmu. Sejarah sebagai ilmu juga berarti tiap orang bisa turut serta dalam perkembangan sejarah.

2) Sejarah sebagai cara mengetahui masa lampau

Artinya sejarah digunakan untuk mencari tahu peristiwa atau kejadian yang terjadi di masa lampau. Harapannya setelah mengetahui peristiwa tersebut, manusia bisa menjadikannya sebagai pengalaman dan pembelajaran.

Baca Juga: Jelaskan Manfaat Sejarah dalam Kehidupan Sehari-hari, Sertakan dengan 2 Contoh