Find Us On Social Media :

Empat Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Mendirikan Bisnis 'Startup'

By Moh Habib Asyhad, Kamis, 8 Oktober 2015 | 11:00 WIB

Empat Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Mendirikan Bisnis 'Startup'

Intisari-Online.com - Bisnis startup tengah menjadi bahan obrolan akhir-akhir ini. Banyak orang berbondong-bondong untuk mendirikan model bisnis yang mulai ramai sejak era “dot-com” ini. Harap diperhatikan, ada empat pertanyaan mendasar yang harus dijawab sebelum kita mendirikan bisnis startup.

Secara garis besar, langkah-langkah yang musti ditempuh tidak berbeda jauh dengan sebelum kita mendirikan bisnis pada umumnya.1. Apakah kita sudah mendapatkan umpan balik dari produk kita?

Kelemahan mendasar sebelum mendirikan bisnis ini adalah kita tidak tahu apakah pasar menghendaki produk yang kita buat. Jika kita yakin produk kita memang diminati, kita bisa memulai bisnis ini. Tapi jika sebaliknya, alangkah baiknya untuk mencari alternatif lainnya.2. Apakah ada tim nan solid yang mendukung?

Jika produk sudah siap—dalam arti ada ceruk yang disasar—pertanyaan selanjutnya adalah sejauh mana kesiapan infrastruktur yang kita miliki untuk menunjang bisnis. Infrastruktur ini tentu saja termasuk sekuat apa sumber daya manusia yang kita miliki; siapa yang akan mempromosikannya?; siapa tim IT-nya?; siapa pengatur keuangannya?; dan lain sebagainya.3. Bagaimana strategi kita menarik pelanggan?

Banyak orang berpikir bahwa promisi yang mereka lakukan sudah lebih dari cukup untuk menarik minat calon pelanggan. Selain soal promosi, yang harus dimatangkan adalah strategi apa yang akan kita lakukan untuk menarik perhatian pelanggan?

Kita bisa memanfaatkan komunitas; arisan keluarga; media sosial; dan lain sebagainya.4. Apakah kita punya bukti bahwa kita tengah berbisnis?

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah kita benar-benar berbisnis? Artinya, apakah ini hanya sekadar mengikuti tren? Atau hanya sekadar menyalurkan hobi? Atau bagaimana dengan aset kita? Bagaimana kondisi keuangan? Dan lain sebaginya.