Find Us On Social Media :

Jam Kerja Umum di Swedia Hanya 6 Jam Sehari

By Lila Nathania, Sabtu, 10 Oktober 2015 | 09:00 WIB

Jam Kerja Umum di Swedia Hanya 6 Jam Sehari

Intisari-Online.com – Wahai para pekerja, berapa jam Anda harus bekerja selama seminggu? Anda pasti iri saat mengetahui bahwa jam kerja umum di Swedia hanyalah 30 jam seminggu alias 6 jam sehari dari Senin – Jumat.

Sistem waktu kerja 40 jam sehari sudah ditinggalkan oleh sejumlah perusahaan besar di Swedia. Mereka mengganti sistem ini dengan waktu kerja yang hanya 30 jam seminggu saja. Hebatnya, menurut penelitian ternyata dengan sistem kerja ini para pegawai memiliki produktivitas dan semangat juang yang lebih tinggi.

Seorang CEO sebuah perusahaan bahkan mengaku sudah menjalankan sistem ini selama tiga tahun. Alasannya adalah mereka peduli dengan para karyawan dan perusahaan paham bahwa setiap orang harusnya memiliki prioritas lain seperti menghabiskan waktu dengan keluarga, memasak, atau melakukan  hal-hal yang mereka sukai.

Perusahaan Toyota di Swedia bahkan sudah menjalankan sistem ini selama 13 tahun. Hasilnya? Profit mereka naik dan tingkat kebahagiaan staff juga meningkat.

Melihat hasil yang baik ini sejumlah perusahaan di Swedia mulai menerapkan sistem kerja 30 jam seminggu tersebut. Salah satu yang baru saja melakukan percobaan ini adalah sebuah rumah sakit pemerintahan. Mereka mulai memberlakukan sistem shift yang lebih pendek dan ternyata para suster di sana menjadi lebih efisien karena tidak kelelahan.

Walau sejumlah perusahaan sudah membuktikan bahwa sistem kerja 30 jam seminggu ini memiliki hasil yang baik, tentu masih ada perusahaan-perusahaan lain yang menggunakan sistem kerja 40 jam seminggu. Menurut Anda sendiri mana yang lebih baik?

(money.cnn.com)