Find Us On Social Media :

Benarkah Gaji Pegawai Bank Itu Paling Besar?

By Ade Sulaeman, Kamis, 5 November 2015 | 13:30 WIB

Benarkah Gaji Pegawai Bank Itu Paling Besar?

Intisari-Online.com - Saat ditanya ingin bekerja di mana setelah lulus kuliah, tidak sedikit yang menjawab ingin bekerja di bank. Tentu saja salah satu alasannya adalah bayangan akan besarnya gaji yang akan diperoleh. Namun, benarkah gaji pegawai bank itu paling besar?

Jawabannya adalah tergantung posisi. Bagi para pencari kerja yang digolongkan sebagai fresh graduate (baru lulus kuliah atau pengalaman kerja kurang dari satu tahun), jawabannya adalah “salah.”

Jawaban tersebut diberikan Bernadette Themas, Managing Director Kelly Services  perusahaan rekrutmen dan headhunter, dalam acara peluncuran fitur Salary Benchmark, hasil kerjasama Kelly Services dan Karir.com.

Menurut Bernadette, gaji pegawai bank di tingkatan fresh graduate, khususnya mereka yang masuk program management trainee (MT), masih kalah oleh para fresh graduate yang bekerja di perusahaan minyak dan gas.

Seberapa besar perbedaannya? Bernadette menyebut pegawai MT di bank mendapatkan gaji sekitar Rp8 juta, sementara pagawai perusahaan minyak dan gas berkisar antara Rp10 juta sampai Rp15 juta.

Namun lain halnya dengan gaji pegawai bank di tingkatan ‘atas’, setingkat direksi dan komisaris. “Tahun 2014, salah satu bank “plat merah” dalam laporannya di BEJ menyatakan total remunerasi bagi jajaran direksi dan komisaris mencapai 514,8 milyar rupiah,” tutur CEO Karir.com Dino Martin.

Mengenai minta bekerja di bank, Dino juga memiliki data yang menunjukkan bagaimana persaingan untuk bekerja di industri financial/bank itu menjadi yang terketat dibanding dengan industri lain.

Ada 90.851 pencari kerja melamar di industri financial/banking melalui situs Karir.com selama Oktober 2015, dengan total jumlah lowongan di industri tersebut ‘hanya’ 1.829. Dengan kata lain, perbandingan antara jumlah pencari kerja dengan jumlah lowongan yang tersedia adalah 50:1.

Dengan  job function yang paling diminati di industri ini adalah Banking Operations (25.760 pelamar), Administration (10.994), Customer Service (7.934), Accounting/Finance (6.723) dan Secretary (3.632).