Find Us On Social Media :

SosokJenderal Misterius yang Kuasai Intelijen di Era Orde Baru

By Afif Khoirul M, Selasa, 9 Mei 2023 | 19:40 WIB

Ilustrasi - Sosok Benny Moerdani, jenderal yang kuasai Intelijen di Era Orde Baru.

Intisari-online.com - Benny Moerdani adalah salah satu tokoh militer Indonesia yang paling berpengaruh pada era Orde Baru.

Ia dikenal sebagai perwira TNI yang banyak berkecimpung di dunia intelijen, sehingga sosoknya banyak dianggap misterius.

Ia juga merupakan jenderal Katolik di negara mayoritas Muslim.

Benny Moerdani lahir pada 2 Oktober 1932 di Cepu, Blora, Jawa Tengah dari pasangan R.G. Moerdani Sosrodirjo, seorang pekerja kereta api dan Jeanne Roech, seorang peranakan Jerman yang berprofesi guru TK.

Ia bergabung dengan Tentara Pelajar pada usia 13 tahun dan mengambil bagian dalam Revolusi Nasional Indonesia melawan Belanda.

Karier militer Benny Moerdani dimulai dari bawah.

Ia lulus dari Pusat Pendidikan Perwira Angkatan Darat (P3AD) pada 1951 dan kemudian mengikuti pendidikan khusus di Sekolah Komando Angkatan Darat (Seskoad) dan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad).

Ia juga pernah mengikuti kursus intelijen di Amerika Serikat.

Benny Moerdani terlibat dalam berbagai operasi militer penting, seperti Operasi Trikora untuk pembebasan Irian Barat, Konfrontasi Indonesia-Malaysia, Operasi Seroja untuk invasi ke Timor Timur, dan penanganan pembajakan pesawat Garuda Indonesia Penerbangan 206 di Bangkok pada 1981.

Benny Moerdani mendapat kepercayaan dari Presiden Soeharto untuk menata ulang sistem intelijen Indonesia.

Ia meminta waktu 10 tahun untuk melakukannya.

Baca Juga: Ini Dia Sosok Mahaguru Gerakan Kiri Di Indonesia, Henk Sneevlit Tewas Dihukum Mati Nazi