Find Us On Social Media :

Begini Interkoneksi Kebangkitan Bangsa-bangsa Asia Dengan Situasi Di Indonesia

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 4 Mei 2023 | 19:19 WIB

Interkoneksi kebangkitan negara-negara Asia dengan situasi di Indonesia terkait erat dengan munculnya ide dan semangat nasionalisme, semangat merdeka dari penjajahan.

Interkoneksi kebangkitan negara-negara Asia dengan situasi di Indonesia terkait erat dengan munculnya ide dan semangat nasionalisme, semangat merdeka dari penjajahan.

Intisari-Online.com - Soal sejarah kelas XI halaman 51: Bagaimana interkoneksi kebangkitan bangsa-bangsa Asia dengan situasi di Indonesia?

Pertamta-tama kita harus tahu bahwa ini zaman di mana negara-negara di Asia sedang mengalami demam nasionalisme.

Nasionalisme sendiri dapat didefinisikan menjadi dua pengertian.

Pertama, nasionalisme merupakan paham kebangsaan yang berdasarkan kejayaan masa lalu.

Kedua, paham kebangsaan yang menolak penjajahan untuk membentuk negara yang bersatu dan berdaulat.

Dalam pengertian yang lebih modern, nasionalisme merupakan kesamaan kewarganegaraan dari semua etnis dan budaya di dalam suatu bangsa.

Perspektif nasionalisme diperlukan sebuah bangsa untuk menampilkan identitasnya.

Konsekuensi dari pergeseran definisi Nasionalisme membawa konsekuensi bahwa warga negara tidak lagi bergantung pada identitas nasional yang abstrak.

Namun lebih kepada identitas yang lebih konkret seperti pemerintahan yang bersih, negara modern, demokrasi dan perlindungan hak azazi manusia.

Kebangkitan Nasional sudah menjadi fenomena yang terjadi seluruh dunia.

Terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi munculnya kesadaran nasionalisme berbangsa yang kemudian menimbulkan semangat untuk mencapai harapan barunyaseperti kemerdekaan lepas dari belenggu penjajahan, persamaan dan kemandirian untuk menentukan kehidupan melalui negara nasionalnya.