Find Us On Social Media :

Inilah Manfaat Melanjutkan Studi ke Jenjang S2

By Eunike Iona Saptanti, Rabu, 3 Februari 2016 | 15:45 WIB

Inilah Manfaat Melanjutkan Studi ke Jenjang S2

Intisari-Online.com - Investasi yang cukup mahal untuk melanjutkan studi ke jenjang S2 kerap membuat kita menimbang-nimbang mengenai jaminan apa yang akan kita dapatkan setelah menjalani studi lanjut. Inilah yang akan kita dapatkan bila studi lanjut kita benar-benar terealisasi.

Menambah Pengalaman

Selama studi S2 kita akan bertemu dengan orang-orang dengan berbagai latar belakang usia dan profesi yang berbeda. Pengalaman yang lebih nyata juga dapat terasa saat kita mengambil studi di luar negeri karena harus beradaptasi dengan budaya tempat kita melakukan studi. Selain itu, kita dapat membangun keahlian baru, dan menjadi lebih dewasa karena pola pikir turut berkembang.

Pengetahuan Khusus

Keputusan studi lanjut juga pasti didasari oleh motivasi ingin menambah keterampilan yang lebih khusus dan mendalam di bidang yang kita senangi. Keterampilan khusus ini akan berguna bagi kita dalam menyelesaikan pekerjaan, karena bila kita memiliki banyak pengetahuan dalam hal teori dan praktik, kita mampu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik. Keahlian yang Dapat Dibagi

Beberapa berpendapat bahwa studi lanjut tidak benar-benar aplikatif dalam pekerjaan. Pendapat itu memang tidak sepenuhnya salah. Memang, pengetahuan yang dibawa dari studi lanjut akan sangat lebih bisa diterapkan bila kita akan meneruskan karir menjadi professor atau pengajar di universitas.

Akan tetapi, bagaimanapun, bila memilih berkarir sesuai dengan apa yang telah dipelajari saat studi akan dapat membantu kita menyelesaikan lebih banyak kasus dan kesulitan-kesulitan di masa mendatang.

Penghasilan yang Potensial

Keterampilan khusus ini akan menjadi nilai plus bagi karir kita ke depan. Jangan khawatir bila return of investment (ROI) yang akan kita dapatkan tidak sebanding dengan pengeluaran saat studi lanjut. Bila kita memiliki gelar yang lebih, serta gigih mencetak prestasi saat bekerja, perusahaan akan memberi nilai lebih kepada kita, baik dalam bentuk honor, insentif, jenjang karir, promosi, penghargaan, dan lain-lain.