Find Us On Social Media :

3 Pertempuran Dahsyat Diprakarsai Sambernyawa Pangeran Mataram Islam Paling Berani, Termasuk Lawan Mertua Sendiri

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 4 Mei 2023 | 13:59 WIB

250 pertempuran pernah dipimpin oleh Pangeran Sambernyawa selama 16 tahun memberontak Mataram Islam dan VOC. Hanya bisa ditundukkan lewat perundingan.

250 pertempuran pernah dipimpin oleh Pangeran Sambernyawa selama 16 tahun memberontak Mataram Islam dan VOC. Hanya bisa ditundukkan lewat perundingan.

Intisari-Online.com - Selama 16 tahun memberontak terhadap Mataram Islam dan VOC, Pangeran Sambernyawa setidaknya telah memimpin sebanyak 250 pertempuran.

Dari ratusan pertempuran itu, ada tiga pertempuran yang dianggap paling dahsyat.

Di antaranya adalah pertempuran melawan mertuanya sendiri, Pangeran Mangkubumi alias Sultan Hamengkubuwono I penguasa Kasultanan Yogyakarta.

Tiga pertempuran dahsyat itu terjadi pada periode 1752-1757.

Pertempuran pertama adalah ketika pasukan Sambernyawa bertempur melawan pasukan Mangkubumi di desa Kasatriyan, barat daya kota Ponorogo, Jawa Timur.

Perang itu terjadi pada sekitar 1752.

Desa Kasatriyan merupakan benteng pertahanan Sambernyawa setelah berhasil menguasai daerah Madiun, Magetan, dan Ponorogo.

Pertempuran kedua adalah pertempuran melawan dua detasemen VOC dengan komandan Kapten Van der Pol dan Kapten Beiman di sebelah selatan Rembang.

Persisnya di hutan Sitakepyak.

Dalam pertempuran itu Sultan mengirim pasukan dalam jumlah besar untuk menghancurkan pertahanan Mangkunegara.

Besarnya pasukan Sultan itu dilukiskan Mangkunegara dengan "bagaimana semut yang berjalan beriringan tiada putus."