Find Us On Social Media :

Merencanakan Karier Impian dalam Satu Minggu

By Lintang Bestari, Sabtu, 13 Februari 2016 | 15:00 WIB

Merencanakan Karier Impian dalam Satu Minggu

Intisari-Online.com – Meskipun rencana karier, merupakan rencana jangka panjang, namun ternyata kita bisa mencapainya dalam seminggu. Bagaimana caranya? Inilah hal yang harus kita lakukan:

Cari persamaan kata dari profesi yang ditujuJika sudah berhasil mengidentifikasi karier impian, langkah selanjutnya adalah mengejarnya. Caranya dengan menentukan target dan memaksimalkan waktu yang tersedia. Sebaiknya, kita mulai mencari di internet “persamaan (sebutkan karier impian)”. Mungkin, Anda akan terkejut ketika menemukan banyak nama yang tersedia untuk posisi itu yang selama ini belum kita tahu. Misalnya, analis bisnis juga biasa disebut analis sistem. Fotografer komersial, juga disebut sebagai fotografer produk. Dengan mencari persamaan nama karier impian, kita bisa menambahkan kata baru itu di profil media sosial kita.  

Menguasai LinkedInLangkah selanjutnya adalah menguasai media sosial. Salah satunya dengan mengoptimalisasi akun LinkedIn. Jadi, jika Anda belum memilikinya, maka buatlah sekarang. Jika sudah punya, pastikan akun Anda berisi kabar terbaru tentang pengalaman kerja serta sebuah link yang mengarahkan seseorang bisa melihat portofolio kita. Jangan lupa pasangan foto profil yang semi formal dan terlihat professional. Hindari selfie dan latar belakang yang berwarna-warni. Anda juga harus mengembangkan jaringan di LinkedIn. Bergabung dengan grup dan berteman denga orang-orang yang terkait dengan karier impian kita.

Kembangkan jaringan pertemananHal penting yang bisa kita lakukan adalah membuat teman. Temukan orang-orang yang suka melakukan apa yang Anda sukai, lalu kirimkan mereka e-mail untuk meminta bergabung. Cantumkan data diri. Jangan langsung meminta mereka untuk memperkerjakan Anda, tapi minta informasi tentang karier impian Anda saja terlebih dahulu. Jelaskan bahwa Anda tertarik pada bidang tersebut dan tertarik mengobrol lebih lanjut. Jika mereka tertarik, maka akan meminta bertemu dan kesempatan mencapai karier impian terbuka lebih lebar.

Itulah hal yang bisa dilakukan dalam seminggu untuk mencapai karier impian. Selamat mencoba! (time.com)