Find Us On Social Media :

Hati-hati, Ada 5 Dampak Negatif yang Mengintai Setiap Kesuksesan yang Berhasil Diraih

By Ade Sulaeman, Senin, 15 Februari 2016 | 09:00 WIB

Hati-hati, Ada 5 Dampak Negatif yang Mengintai Setiap Kesuksesan yang Berhasil Diraih

Intisari-Online.com - Meski menyenangkan sekaligus membanggakan, ada dampak negatif yang mengintai setiap kesuksesan yang berhasil kita raih.

1. Minim empati

Beberapa orang yang berhasil meraih kesuksesan yang memang mereka inginkan kadang memandang segala sesuatu berdasarkan jalan pikirannya sendiri. Tentu saja, pada akhirnya, hal ini akan membuat mereka hanya memiliki sedikit empati terhadap orang lain.(Baca juga: Inilah Orang-orang yang Mencapai Kesuksesan Besar Setelah Berusia 40 Tahun) 

2. Enggan bersosialisasi

Kesuksesan yang diraih dengan perjuangan yang keras dan berat kadang menimbulkan akibat buruk berupa perubahan sikap menjadi indiviudalis.

3. Tidak bisa menangani situasi sulit

Manisnya sukses seringkali membuai dan membuat Anda merasa dalam posisi nyaman.Jadi, ketika kita terlena oleh kenyamanan terkadang otak menjadi lebih lambat diajak bekerja saat menghadapi posisi yang sulit.

4. Rentan stres

Sukses di saat ini ternyata juga bisa membuat Anda merasa stres di masa depan. Perempuan seringkali mengasumsikan stres saat ini adalah sebuah paksaan untuk bisa sukses juga di masa depan. Rasanya tidak boleh ada celah untuk terjadinya kegagalan.(Baca juga: 5 Modal Meraih Kesuksesan di Tengah Era MEA

5. Sulit bedakan teman atau lawan

Sudah susah-susah mencapai kesuksesan, otomatis pikiran dan cara pandang Anda terhadap orang-orang pun akan berubah. Anda akan sedikit kesulitan untuk bisa membedakan mana teman mana musuh. Teman juga bisa jadi musuh dalam selimut.

Tentu saja dampak-dampak tersebut tidak serta muncul sehingga kita tak punya alasan untuk berjuang semaksimal mungkin untuk meraih kesuksesan, tentunya dengan cara-cara yang jujur.

(kompas.com)