Find Us On Social Media :

3 Cara Agar Kita Berhenti Menunda Pekerjaan

By Lintang Bestari, Minggu, 21 Februari 2016 | 11:00 WIB

3 Cara Agar Kita Berhenti Menunda Pekerjaan

Intisari-Online.Com – Selama hidup, pasti selalu ada tugas dan kerjaan yang kita lakukan. Mempelajari bagaimana cara menyelesaikannya tanpa menunda-nunda merupakan alat ampuh untuk mengurangi stres. Inilah 3 cara agar kita berhenti menunda pekerjaan:

1. Kenali emosiSikap menunda pekerjaan berkembang dari emosi yang kita rasakan. Contohnya, jika kita memilih menuruti stres dengan bermalas-malasan di atas tempat tidur, lebih sulit bagi kita untuk bangun dan memulai pekerjaan. Jika rasa ingin menunda pekerjaan muncul, pikirkan lagi mengapa kita harus menyelesaikan tugas tersebut tepat waktu.

2. Ambil langkah kecil lalu berikan penghargaan pada diri sendiriJika kita sudah terjebak pada sikap menunda pekerjaan, kemungkinan hal tersebut akan menjadi kebiasaan. Hal-hal yang kita dapatkan saat ini tidak terjadi dalam satu malam, jadi lebih baik atur waktu dan tingkatkan komitmen agar tidak kehilangan pekerjaan. Cara terbaik untuk berhenti menunda pekerjaan adalah dengan menghapus kebiasaan buruk tersebut.

Kita bisa memulai dengan tugas kecil yang paling mudah terlebih dahulu. Selanjutnya, berikan penghargaan pada diri sendiri setelah hal itu selesai. Misalnya, setelah menyelesaikan satu laporan, kita bisa mentraktir latte untuk diri sendiri, berjalan-jalan di luar rumah atau apa pun yang mengembalikan semangat kita. Adanya janji untuk “menghadiahi” diri sendiri membuat tugas-tugas lebih mudah diselesaikan.  

3. Cara pandang baru Perubahan besar dimulai ketika kita memiliki cara pikir yang berbeda dari sebelumnya. Atur pemikiran kita agar lebih positif terhadap pekerjaan kita. Jika sebelum menyelesaikan pekerjaan kita selalu berpikir: “Saya benci pekerjaan ini. Saya tidak bisa melakukannya. Saya terlalu lelah”, maka kita pun semakin ingin menunda pekerjaan. Sebaiknya, jangan memikirkan hal-hal lain sebelum menyelesaikan pekerjaan. Langsung mulai saja!

Itulah 3 cara agar kita berhenti menunda pekerjaan. Semoga berhasil!