Find Us On Social Media :

6 Langkah Menjadi Freelancer Wanita di Indonesia

By Ade Sulaeman, Selasa, 8 Maret 2016 | 13:30 WIB

6 Langkah Menjadi Freelancer Wanita di Indonesia

Intisari-Online.com – Keinginan untuk bisa membagi waktu dengan keluarga, khususnya dengan anak membuat beberapa wanita berpikir untuk menjadi bekerja paruh waktu alias freelancer. Untuk itu, mereka perlu memahami langkah-langkah menjadi freelancer wanita di Indonesia.

Country Manager dari Freelancer Indonesia, Helma Kusuma, berbagi beberapa tips memulai menjadi freelancer untuk perempuan Indonesia yang sangat bisa diaplikasikan.

Apa saja yang harus dilakukan para perempuan ini untuk memulai pekerjaan sebagai freelancer?

1. Mulailah dengan proyek kecil

Memulai bekerja sebagai freelancer bisa dilakukan dengan mengambil proyek-proyek kecil yang tidak terlalu banyak menyita waktu Anda.

Sehingga, Anda bisa mengerjakannya sambil mengurus anak-anak, sekalian belajar mengatur waktu. Jika kemudian Anda sudah mulai merasa nyaman dengan kondisi tersebut, baru Anda bisa mengambil tanggung jawab untuk proyek yang lebih besar.(Baca juga: Tips Bagi Mereka yang Freelance

2. Belajar Mengatur Waktu dengan Efektif

Menjadi freelancer tidak berarti Anda akan memiliki waktu senggang lebih banyak. Tapi, Anda akan lebih fleksibel dalam mengatur waktu. Contohnya, Anda bisa menjadwalkan waktu mengantarkan anak ke sekolah ketika orang-orang lain sedang bekerja.

“Namun, Anda juga perlu menghabiskan waktu akhir pekan untuk bekerja supaya bisa memenuhi deadline proyek,” ujar Helma.

Hal yang terbaik untuk dilakukan saat menjadi freelancer adalah pandai-pandailah mengatur waktu dan mengorganisasi segala sesuatu dengan jadwal kerja. Sehingga, Anda akan memenuhi setiap deadline pekerjaan dengan tepat waktu.

Atur jadwal antara mengurus anak, mengerjakan proyek, dan untuk diri sendiri.

3. Perluas Jejaring