Find Us On Social Media :

Bagaimana Mengonsumsi Makanan Sehat di Tempat Kerja?

By Monalisa Darwin D, Rabu, 6 April 2016 | 11:00 WIB

Bagaimana Mengonsumsi Makanan Sehat di Tempat Kerja?

Intisari-Online.com - Saat ini banyak pekerjaan yang mengharuskan seseorang berada di balik meja kerja atau komputer selama berjam-jam. Yang menjadi masalah adalah, banyak orang yang membeli makanan di luar, yang ternyata tidak sehat atau tidak higienis. Alasan waktu menjadi yang utama. Nah, sebenarnya bagaimana mengonsumsi makanan sehat di tempat kerja meski waktu sangat padat?

1. Cuci dan kukus sayuran mentah atau buah-buahan, seperti apel, tomat, mentimun, wortel, bawang merah, paprika, dan lainnya. Bawa ini ke kantor untuk makan siang atau sebagai camilan.

2. Tak ada alasan waktu untuk menyiapkan makanan yang dibawa untuk makan siang di kantor, karena bisa menggunakan alat memanggang sederhana yang kurang dari 8 menit untuk memroses makanan, seperti ikan fillet atau ayam.

3. Selain itu, ketika memasak makan malam, kita bisa memasaknya dalam jumlah lebih banyak. Separuh atau sebagian dari makanan dapat disimpan dan dipanaskan keesokan paginya untuk dibawa ke tempat kerja.

4. Asupan protein juga sangat diperlukan oleh tubuh, sehingga untuk mendapatkannya dengan mudah, kita dapat mengonsumsi susu yang praktis dibawa.

5. Sediakan selalu air putih di meja kerja, karena asupan air harus selalu dipasok ke dalam tubuh untuk terhindar dari dehidrasi.

Selain persiapan untuk makan siang di kantor, sebaiknya hindari makan di meja kerja. Orang yang bekerja di meja kerja cenderung malas gerak, termasuk untuk menikmati makannya. Nyatanya, ini sangat berbahaya.

1. Makan di meja kerja akan membuat kita sulit mengontrol jumlah makanan yang dikonsumsi, karena fokus kita terbagi ke pekerjaan.

2. Ketika hanya duduk di meja kerja, ini akan membuat sirkulasi darah rendah karena otot menjadi kaku, kurang peregangan. Hal ini kemudian akan menyebabkan kita tidak fleksibel, sehingga meningkatkan risiko cedera pada tubuh.

3. Makanan di meja kerja akan lebih rentan terkena bakteri, debu, dan kotoran. Orang yang makan di meja kerja biasanya menunda waktu makan lebih lama dari biasanya. Ini kemudian akan meningkatkan penurunan suhu makanan, sehingga menjadikan bakteri berkembang. Selain itu juga menyebabkan makanan lebih rentan terkena debu atau kotoran di sekitar meja kerja.

Nah, bagaimana mengonsumsi makanan sehat di tempat kerja adalah dengan menyadari dan memastikan makanan yang dikonsumsi adalah sehat, serta hindari makan di meja kerja. (magforwomen.com)