Find Us On Social Media :

Perhatikan Hal ini Saat Berencana Membangun Bisnis

By Eunike Iona Saptanti, Minggu, 10 April 2016 | 14:30 WIB

Perhatikan Hal ini Saat Berencana Membangun Bisnis

Intisari-Online.com - Kini Generasi Y (kelahiran 1980-an awal hingga 2000-an awal) mulai merambah ke dunia binis sebagai jalan kariernya. Entah memang niat sejak lulus kuliah, atau karena bosan jadi karyawan. Jika Anda memutuskan ingin mencoba dunia bisnis, perhatikan 10 hal ini dulu jika tidak ingin gagal di tengah jalan.

1. Bersiap untuk gagalHampir setiap pebisnis sukses pernah mengalami kegagalan. Ini adalah proses pembelajaran yang dapat membantu untuk menentukan langkah selanjutnya.

2. Mengumpulkan modalModal memang salah satu faktor penentu bisnis. Modal terbagi menjadi dua, yaitu modal keahlian dan modal materi (uang). Jika Anda sudah memiliki minat dan keahlian, namun belum memiliki modal, Anda bisa mendapatkan modal dari tabungan, pinjaman, kredit usaha, atau dukungan orang tua.

3. Menetapkan anggaranAnda perlu memperkirakan berapa modal usaha yang dikeluarkan dan perkiraan pendapatan. Catatlah pengeluaran rutin sebagai modal usaha. Jangan sampai melewatkan catatan anggaran yang harus dikeluarkan agar bisnis Anda tidak sampai merugi.

4. Lakukan inovasiObservasi terlebih dulu mengeni jenis bisnis yang akan kita buat. Jika sudah pernah ada di pasaran, lakukan inovasi dan buat ciri khas untuk bisnis Anda. Perluas wawasan dengan memberbanyak relasi, membaca buku, dan membuka situs-situs bisnis.

5. Membangun jaringanSaat ingin menjalankan bisnis, Anda harus pandai bergaul menjangkau orang-orang yang tepat untuk mempromosikan bisnis, menjadi rekanan, atau menjadi pelanggan Anda. Gunakan media sosial untuk membangun awareness teman-teman Anda. Namun ingat, jangan sampai Anda terkesan menjadi spam karena terlalu aktif berbinis. Jangan lupa agar selalu berbagi dan tidak pelit demi mengejar keuntungan.

6. Menjadi bos yang menginspirasiJika Anda memiliki karyawan, Anda harus dapat membimbing, menginspirasi, dan berani ambil keputusan. Perhatikan pendapat dan kesejahteraan karyawan

7. Atur waktu sebaik mungkinJangan habiskan semua waktu untuk berbisnis. Sedapat mungkin luangkan waktu untuk berolahraga, berlibur, dan bertemu keluarga serta sahabat Anda.

(Entrepreneur)