Find Us On Social Media :

Rahasia Weton Jawa Begini Cara Melihat Simbol Keberuntungan dan Nasib dari Primbon Jawa

By Afif Khoirul M, Kamis, 27 April 2023 | 17:05 WIB

Ilustrasi - Rahasia keberuntungan menurut weton Jawa.

Intisari-online.com - Weton adalah perhitungan primbon yang merupakan gabungan dari tujuh hari dalam seminggu (Senin, Selasa hingga Minggu).

Dengan lima hari pasaran Jawa yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage dan Kliwon.

Weton dapat digunakan untuk mengetahui sifat, karakter, nasib, jodoh, pekerjaan dan hal-hal lain yang berkaitan dengan kehidupan seseorang.

Menurut primbon Jawa, setiap weton memiliki neptu atau nilai angka tertentu yang dapat menunjukkan tingkat keberuntungan dan nasib seseorang.

Neptu weton dapat dihitung dengan menjumlahkan neptu hari dan neptu pasaran.

Misalnya, seseorang yang lahir pada hari Senin Legi memiliki neptu weton 9 (4 + 5), sedangkan seseorang yang lahir pada hari Minggu Kliwon memiliki neptu weton 15 (5 + 10).

Neptu weton yang rendah menunjukkan nasib yang kurang baik, sedangkan neptu weton yang tinggi menunjukkan nasib yang baik.

Namun, hal ini tidak berarti bahwa seseorang dengan neptu weton rendah tidak bisa meraih kesuksesan atau seseorang dengan neptu weton tinggi tidak bisa mengalami kesulitan.

Neptu weton hanyalah salah satu faktor yang mempengaruhi kehidupan seseorang, selain faktor-faktor lain seperti usaha, doa, niat dan takdir.

Berikut adalah beberapa contoh penafsiran neptu weton menurut primbon Jawa:

1. Neptu weton 9 (Senin Legi): Sifatnya lemah lembut, sabar dan penyayang. Cocok bekerja sebagai guru, dokter atau bidang sosial.

Baca Juga: Menguak Weton Jawa dan Ilmu Kesaktian, Apa Hubungannya dengan Pancasuda dan Saptawara?