Find Us On Social Media :

Ciptakan Lingkungan Kerja yang Positif dengan 5 Cara Berikut!

By Monalisa Darwin D, Senin, 18 April 2016 | 09:30 WIB

Ciptakan Lingkungan Kerja yang Positif dengan 5 Cara Berikut!

Intisari-Online.com - Lingkungan kerja yang positif akan memengaruhi semangat dan produktivitas sumber daya manusiannya, yang kemudian akan bermanfaat bagi perusahaan. Tak begitu sulit, seorang manajer SDM perusahaan konglomerat IT internasil, Simone, memberitahu bahwa kita bisa ciptakan lingkungan kerja yang positif dengan 5 cara berikut ini:

1. Mempertahankan jalur komunikasi terbuka

Salah satu langkah pertama yang harus dilakukan adalah menciptakan tempat kerja yang mengembangkan jalur komunikasi secara efektif untuk semua karyawan. Bahkan jika seorang karyawan mendengar tentang sebuah perubahan dalam kebijakan perusahaan dari rekannya yang lain, bukan dari atasan atau manajernya, maka itu akan berdampak negatif.

2. Membangun kepercayaan dengan staf dengan saling memberikan kesempatan belajar

Memberikan kesempatan semua staf untuk belajar dan berbagi pengetahuan menjadi langkah yang sangat baik untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif. Perusahaan dapat memberikan kesempatan bagi karyawan untuk belajar dengan mendapatkan pendidikan yang diponsori, namun dengan catatan ia harus kembali bekerja di perusahaan dalam jangka waktu yang telah disepakati, setelah selesai pendidikannya tersebut.

3. Mendorong ikatan tim

Ikatan dalam sebuah tim menjadi alat kuat untuk membantu manajer mempromosikan atau menciptakan lingkungan kerja yang positif. Semangat karyawan dalam tim juga akan meningkat. Menyediakan waktu khusus untuk karyawan makan malam bersama atau sekadar bermain permainan olahraga tertentu menjadi ide yang brilliant.

4. Memberi penghargaan atas kerja yang baik

Menciptakan tempat kerja yang positif selanjutnya adalah dengan memberikan penghargaan kepada karyawan atas pekerjaan yang telah mereka lakukan dengan baik. Ini juga kemudian akan menjadikan karyawan lebih termotivasi untuk bekerja maksimal.

5. Dengarkan keluhan karyawan

Entah itu manajer, pemilik perusahaan, atau pegawai, tak ada baiknya jika hanya memerintah atau menyuruh-nyuruh. Luangkan sedikit waktu untuk mendengarkan keluhan rekan kerja selama mereka menjalani hari di tempat kerja. Menjadi teman curhat untuk orang lain akan menciptakan hubungan yang semakin baik dan positif pula.

Sudahkan Anda menciptakan lingkungan kerja yang positif dengan 5 cara tadi?(magforwomen.com)