Find Us On Social Media :

5 Tips Sukses Bekerja 'Freelance'

By Monalisa Darwin D, Jumat, 13 Mei 2016 | 06:29 WIB

5 Tips Sukses Bekerja 'Freelance'

Intisari-Online.com - Bekerja secara freelance memberikan kesempatan bekerja sesuai tempat yang kita sukai, termasuk di rumah. Freelance berbeda dengan bisnis, sehingga biasanya freelance dikerjakan untuk menambah penghasilan. Meski gajinya cenderung kecil, namun ada beberapa bidang atau bagian yang juga menawarkan gaji tinggi. Yuk, ikuti tips untuk bekerja freelance berikut ini:

1. Bekerja freelance berdasarkan keahlian

Pertimbangan utama untuk bekerja freelance adalah memilih pekerjaan yang sesuai dengan keahlian kita. Misalnya, kita bekerja sebagai PR di perusahaan atau bisnis kita, kemudian memilih freelance sebagai konsultan PR atau menulis press releases di perusahaan kecil yang tidak memiliki PR.

2. Iklankan kerja freelance

Setelah mulai bekerja freelance, iklankan pula pekerjaan tersebut agar memungkinkan kita mendapat pekerjaan dari orang lain atau perusahaan yang membutuhkan, sehingga pekerjaan freelance terus ada. Mulai dari mulut ke mulut hingga iklan melalui online bisa kita lakukan.

3. Atur sistem keuangan kerja freelance

Mengambil pekerjaan freelance juga harus memerhatikan serta membuat sistem keuangan dengan benar. Pastikan gaji yang dibayar sesuai dan tepat waktu. Selanjutnya, kita perlu memeriksa pengeluaran kita setiap bulan secara teratur, dengan demikian tujuan keuangan kita akan tercapai. Jangan sampai bekerja freelance justru menjadikan keuangan kita berantakan.

4. Pertimbangkan pajak kerja freelance

Dengan kerja freelance, kita juga harus mempertimbangkan pengeluaran untuk membayar pajak. Mengelola gaji dengan menyisihkan uang untuk pajak jangan sampai terlupakan.

5. Melindungi pekerjaan freelance

Melindungi pekerjaan freelance kita tentu harus dilakukan. Jangan sampai kita melanggar Undang-Undang Negara karena pekerjaan tersebut. Beberapa Negara bahkan mengharuskan warganya memiliki lisensi bisnis, termasuk kerja freelance.

Nah, bagi Anda yang akan mengambil pekerjaan freelance, pastikan untuk memenuhi tips untuk bekerja freelance tadi. (about.com)