Penulis
Intisari-online.com —Ranah kerja profesional dipenuhi dengan kompetensi untuk meraih kesuksesan karier. Agar tak kalah dalam persaingan tersebut, berikut 14 kriteria skill yang harus dimiliki dan selalu dikembangkan.
1. Networking
Memiliki jaringan dengan banyak orang adalah hal penting dalam pekerjaan profesional. Hal ini merupakan hal sangat krusial dalam pekerjaan apapun dan pada jabatan apapun. Hubungan dengan orang lain bisa jadi kesempatan Anda untuk memberi dan menerima sesuatu yang baik. Mulailah dengan berbicara dengan orang lain dalam pertemuan terkait pekerjaan Anda.
2. Komunikasi via email
Dewasa ini para profesional berkomunikasi melalui email. Tentu saja Anda ingin agar email Anda dibaca orang lain. Nah, jika Anda mengirimkan email pada orang yang sangat sibuk, Anda sebaiknya menulis ‘subjek’ yang pendek dan mengirimnya di waktu tertentu seperti Senin siang.
Untuk mengirim email untuk melamar pekerjaan, pastikan mengirimkan email untuk orang yang tepat dan memberikan jalan yang lebih baik untuk karier Anda. Cara kita mengirimkan email pada orang lain akan menjadi kesan pertama untuk menilai Anda.
3. Menulis resume
Banyak dari kita yang sudah menulis dan mengirim resume sejak sekolah dan kuliah. Namun belum tentu resume yang kita tulis benar dan menarik bagi orang lain. Dalam sebuah penerimaan karyawan, HRD hanya membaca resume dengan cara ‘scanning’ saja. Itulah sebabnya penting untuk menulis resume yang singkat, padat, dan jelas.
Upayakan untuk tidak membuat resume yang terlihat seperti copy-paste. Tidak perlu pula mencantumkan hobi dan kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.
4. Wawancara
Dengan pengetahuan, persiapan, dan latihan yang cukup wawancara kerja akan terasa lebih mudah. Begitu banyak trik psikologi juga yang bisa dipelajari untuk memberi kesan terbaik pada pewawancara kerja. Cara terbaik pula dalam wawancara kerja adalah jangan berbohong dan katakan sejujurnya tentang diri Anda.
5. Berjabat tangan
Sekitar 70% orang tidak percaya diri bahwa ia dapat memberikan jabatan tangan yang mantap ketika bertemu dengan klien atau rekan kerja lainnya. Cara terbaik untuk berjababat tangan adalah dengan melakukan kontak mata dan pegangan tangan yang baik. Jangan tekan tangan orang lain dan tersenyumlah.
6. Berpakaianlah seperti orang sukses
Cara berpakaian Anda bisa jadi penentu keberhasilan Anda dalam negosiasi, wawancara, dan kerja sama dengan klien. Cara berpakaian yang baik menunjukkan rasa menghargai kepada orang lain yang kita temui.
7. Negosiasi gaji
Langsung meminta gaji yang tertinggi atau memperingatkan bos Anda untuk kenaikan gaji tanpa strategi hanya akan membuat Anda ditolak. Itulah mengapa penting kemampuan untuk negosiasi gaji. Karena jika Anda gagal untuk bernegosiasi, banyak kerugian akan menanti.
Pertama, raihlah kepercayaan rekan kerja atau bos Anda sebelum mengajukan kenaikan gaji. Tunjukkan prestasi kerja baru lakukan negosiasi. Bukan hanya negosiasi gaji, jangan lupa pula melakukan negosiasi untuk kompensasi lainnya yang tidak berbentuk uang, misalnya hari libur dan upah lembur.
8. On time!
Tidaklah profesional jika Anda terus menerus datang terlambat dalam kantor dan rapat-rapat penting. Belajarlah untuk datang tepat waktu, jika perlu lebih cepat. Peneliti menyatakan bahwa bos lebih menghargai karyawan yang sudah hadir di kantor lebih cepat dengan mereka yang datang terlambat.
(Businessinsider.co.id)