Find Us On Social Media :

10 Strategi Agar Profil LinkedIn Dilirik Perekrut (1)

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 17 Mei 2016 | 12:00 WIB

10 Strategi Agar Profil LinkedIn Dilirik Perekrut (1)

Intisari-Online.com – Survei terkini menemukan bahwa 94% perekrut mencari kandidat pekerja melalui LinkedIn. Faktanya memang sekarang ini, perekrutan karyawan tidak lagi menggunakan cara tradisional.

Berikut 10 strategi agar profil Anda di LinkedIn dilirik perusahaan:

1. Jadilah bersemangat dan antusias

Perusahaan ingin bekerja dengan mereka yang memiliki semangat yang tinggi dalam pekerjan. Keantusiasan kita akan mempengaruhi penilaian mereka. Karena semangat dan antusiasme merupakan hal yang sangat sulit untuk diajari. Cantumkan rasa antuasiasme Anda pada profil LinkedIn.

2. Tunjukkan dengan contoh

Jangan hanya menyatakan Anda memiliki semangat tinggi dan berantusias, namun tunjukkanlah hal itu. Kata-kata “saya adalah orang yang kreatif, bekerja sesuai passion, dll” adalah kata yang sangat umum di LinkedIn. Karena itu, jangan mau sama seperti orang lain. Cantumkan contoh nyata kelebihan Anda sebagai bagian dari profil Anda.

3. Sertakan portofolio

Salah satu cara terbaik untuk menunjukkan dan membuktikan kemampuan Anda adalah dengan menyertakan link untuk menunjukkan contoh dari pengalaman, proyek, dan kreativitas kerja Anda. Hal ini membuat perekrut bisa semakin mengenali Anda.

 4. Fokus! Jangan membuat profil seolah Anda bisa segalanya

Salah satu kesalahan besar yang dilakukan kebanyakan orang (tidak hanya pencari kerja) adalah membuat profil yang menunjukkan ia mampu melakukan segalanya. Tidak semua perekrut akan membaca semua kualifikasi yang Anda cantumkan.

Lebih baik mengisi profil Anda dengan kualifikasi yang diharapkan oleh perusahaan yang Anda incar. Berikanlah informasi yang cukup, tapi buat pula perekrut semakin penasaran dengan diri Anda.

5. Profil yang lengkap

Jangan sampai karena kebanyakan mencantumkan informasi yang tidak penting, Anda melupakan informasi penting yang harusnya memang dicantumkan. Perekrut cukup detail untuk melihat kelengkapan profil Anda. Misalnya data riwayat pekerjaan dan data pribadi Anda. Format profil di LinkedIn sebenarnya cukup membantu untuk membuat profil yang lengkap.

(about.com)