Find Us On Social Media :

17 Tips Agar 'Resume' Kita Tak Diabaikan oleh Perekrut (1)

By Tika Anggreni Purba, Jumat, 20 Mei 2016 | 14:00 WIB

17 Tips Agar 'Resume' Kita Tak Diabaikan oleh Perekrut (1)

Intisari-Online.com – Perusahaan harus membaca begitu banyak resume dalam lamaran pekerjaan. Tidak jarang mereka hanya membaca sekilas, bahkan mengabaikan resume yang terlihat tidak menarik sama sekali. Lalu, bagaimana caranya agar resume kita tidak hanya sekadar dibaca namun juga menarik perhatian mereka? Simak 17 tipsnya berikut ini:

1. Pilih tipe surat yang benar, sebelum memulai menulisnya, pastikan Anda menggunakan jenis surat yang benar. Usahakan gaya surat Anda berbeda dengan yang biasa dipakai orang lain. Pastikan untuk menujukan surat pada orang yang tepat.

2. Temukan contact person, jika Anda bisa menemukan contact person kepada siapa surat Anda, maka itu semakin baik. Semakin spesifik Anda mengirimnya, semakin besar kemungkinan resume Anda dibaca.

3. Sertakan referensi, jika Anda memiliki teman atau kerabat dalam perusahaan tersebut, jadikan mereka sebagai referensi dalam resume Anda. Bisa juga dengan memanfaatkan koneksi Anda di LinkedIn untuk dijadikan sebagai referensi.

4. Pilihlah font yang mudah dibaca, font dasar seperti Times New Roman, Arial, Calibri bisa menjadi pilihan. Pastikan juga menggunakan ukuran font yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar juga.

5. Singkat dan simpel, Mereka tidak butuh resume yang panjang. Semakin panjang resume Anda, semakin malas mereka membacanya. Jika resume Anda memang panjang, jangan gunakan font yang kecil. Upayakan membuatnya lebih ringkas.

6. Sisakan sedikit white space, salah satu cara untuk membuat resume lebih mudah dibaca adalah dengan membuat sedikit ruang antara salam pembuka, isi, dan tanda tangan Anda. Akan lebih mudah dibaca kalau ada ruang yang lega antarbaris kalimat.

7. Samakan font-nya dengan surat lamaran, pilihlah font yang seragam agar dokumen lamaran kerja Anda terlihat rapi dan profesional.

8. Kemampuan dan kualifikasi pekerjaan sebaiknya sinkron, hal ini sangat penting agar resume Anda dilihat dan dibaca. Pastikan dengan jelas pekerjaan yang Anda tuju sesuai dengan kualifikasi Anda.

9. Berikan highlight hanya untuk informasi yang paling relevan, jangan gunakan resume Anda mengulang apa yang ada di surat lamaran kerja maupun sebaliknya. Resume dibuat agar Anda berkesempatan untuk memperkenalkan keterampilan yang spesifik.

(about.com)