Find Us On Social Media :

Lima Kesalahan yang Sering Dibuat Pekerja 'Freelance'

By Monalisa Darwin D, Senin, 23 Mei 2016 | 08:30 WIB

Lima Kesalahan yang Sering Dibuat Pekerja 'Freelance'

Intisari-Online.com - Bekerja secara freelance memang menyenangkan karena kita merasa lebih bebas dan dapat menjadi bos sendiri. Sayangnya, beberapa orang tidak mampu mengendalikan hal tersebut yang kemudian justru merugikan dirinya sendiri. Dan, inilah lima kesalahan yang sering dibuat pekerja freelance yang harus diketahui:

1. Lupa memotong biaya pajak

Ini menjadi salah satu hal paling sering dihadapi oleh seorang freelancer. Awalnya pasti akan bersemangat ketika mendapati gaji, namun kerap kali kita lupa menyisihkan sebagian uang untuk membayar tagihan ataupun pajak. Pada akhirnya uang akan terpakai dan menghadapi tagihan yang lebih besar karena tidak mampu membayar tepat waktu.

2. Mengabaikan tabungan untuk pensiun

Pekerja freelance yang baru biasanya mengalami kesalahpahaman tentang investasi atau tabungan untuk masa pensiun. Sebagian mengalami kesulitan sadar untuk menyisihkan sebagian uangnya. Nyatanya, tabungan pensiun sangatlah penting mengingat pembayaran yang tidak merata atau tidak tetap pada seorang freelancer.

3. Tidak melacak pengeluaran

Menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran juga harus dilakukan. Kita harus memastikan pemasukan dapat mencukupi pengeluaran hingga disisihkan untuk tabungan. Pekerjaan secara freelance yang diambil juga harus diketahui penghasilannya, sehingga harus sesuai. Jika ada sesuatu terkait dana dan pekerjaan yang dikerjakan, kita berhak untuk membicarakannya kepada klien.

4. Tidak mengatur jadwal kerja

Meskipun seorang freelancer bekerja tidak terikat dengan waktu, namun mengatur jadwal kerja sendiri adalah penting. Dengan demikian, kita akan memastikan proyek atau pekerjaan selesai tepat waktu. Tidak adanya jadwal hanya akan membuat kekacauan pada manajemen waktu. Mulailah membuat daftar apa yang harus dikerjakan dan kapan deadline-nya.

5. Melewatkan self-marketing

Self-marketing atau mempromosikan diri sendiri harus dilakukan seorang freelancer. Promosi diri menjadi alat untuk mengelola reputasi kita. Bangunlah jaringan pribadi dan profesional agar jasa kita dikenal dan terus digunakan klien-klien.

Apakah Anda seorang freelancer? Hindarilah lima kesalahan yang sering dibuat pekerja freelance tadi. (wisebread.com)