Find Us On Social Media :

Menurut Pendapat Kalian, Mengapa Terdapat Bias Sejarah?

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 19 April 2023 | 13:17 WIB

Kecenderung yang sering terjadi dalam sejarah adalah kecenderungan untuk menjadi bias, menjadi subjektif. Ini alasannya.

Intisari-Online.com - Seseorang pernah bilang, sejarah itu seperti roti tawar, rasanya akan mengikuti si pembuat atau pemakannya.

Roti tawar itu akan berasa coklat jika ditambahi selai coklat, akan berasa stroberi jika ditambahi selain stroberi, dan lain sebagainya.

Begitulah bias dalam ilmu sejarah terjadi.

Soal sejarah kelas X:

Mengapa terjadi bias sejarah?

Jawaban dan pembahasan

Pengertian sejarah secara umum adalah segala bentuk pengetahuan hasil penyelidikan dari masa lalu yang akan menjadi acuan atau pedoman untuk masa sekarang serta proses untuk kemajuan di masa depan.

Sementara itu, dalam menyusun catatan sejarah, diperlukan beberapa hal, seperti makalah pemerintah, buku harian, surat, prasasti, biografi, dan lainnya.

Untuk sejarah kuno, sumber sejarah biasanya menggunakan daftar raja, perang, dan peristiwa penting seperti pembangunan kuil dan bencana alam.

Pada zaman yang lebih modern, lebih mudah mendapatkan catatan sejarah karena pemerintah dan lembaga sudah mulai membuat arsip untuk menyimpan catatan penting.

Bias sejarah adalah adanya kecenderungan ketidakjujuran atau memihak satu kelompok tertentu dalam merekonstruksi suatu peristiwa sejarah.

Cukup dapat diyakini bahwa satu, dua, atau bahkan lebih banyak orang dapat menginterpretasikan suatu peristiwa yang dilihat dengan cara dan makna berbeda-beda.