Find Us On Social Media :

Tips Merencanakan Pendidikan Anak

By Hyashinta Amadeus Onen Pratiwi, Selasa, 8 Juli 2014 | 16:00 WIB

Tips Merencanakan Pendidikan Anak

Intisari-Online.com - tipsmerencanakan pendidikan anak
 (Baca juga: Menyiasati Kenaikan Biaya Pendidikan 1000%
1. Waktu perencanaan 
Rencanakan pendidikan anak sedini mungkin, bahkan ketika kita baru merencanakan untuk memiliki anak. Semakin cepat kita menyisihkan uang untuk berinvestasi semakin baik. 
2. Rencanakan konsep pendidikan 
Konsep pendidikan penting untuk menentukan bagaimana anak kita akan dididik. Apakah sekolah yang berbasis agama, sekolah yang unggul di bidang akademis, atau sekolah yang menggabungkan unsur lokal? Ada orang tua yang mengutamakan sisi kreativitas ada pula yang mencari sekolah standar internasional. 
3. Rencanakan tingkat pendidikan anak 
Apakah pendidikan dimulai dari play group atau langsung ke TK? Apakah sampai S1 atau S2? Rencanakan pula jenis sekolahnya, apakah negeri atau swasta? Sebelumnya juga perlu direncanakan apakah akan menyekolahkan anak kita ke luar kota atau luar negeri? Sesuaikan pilihan sekolah dengan kondisi keuangan kita. 
4. Rencanakan Pos Pengeluaran 
Tips merencanakan pendidikan anak selanjutnya adalah merencanakan pos pengeluaran. Idealnya, jumlah minimal tabungan adalah 20% dari total penghasilan suami istri per bulan. Sekitar 10% digunakan untuk tabungan jangka panjang termasuk investasi dan dana pendidikan. 
5. Jumlah anak 
Jumlah anak akan mempengaruhi perencanaan pendidikan bagi anak kita. Anggaran untuk setiap anak tentu akan berbeda karena disesuaikan dengan umurnya. Perlu diperhitungkan pula jarak anak pertama dan seterusnya. 
6. Hitunglah perkiraan biaya pendidikan 
Biaya pendidikan tentunya disesuaikan oleh waktu karena terkait dengan inflasi. Mencari informasi untuk setiap sekolah yang akan dituju juga baik dilakukan sejak dini. Hitunglah perkiraan biaya dengan bantuan kalkulator biaya pendidikan anak yang terdapat di internet.(Baca juga: Begini Menghitung Biaya Pendidikan Anak
7. Tentukan instrumen atau produk investasi 
Ada berbagai alternatif yang dapat dipilih antara lain tabungan pendidikan, asuransi pendidikan, reksadana, deposito, dan lain-lain. Cari informasi sebanyak mungkin dan tentukan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan kita. Kita dapat menemukan banyak informasi melalui buku, internet, televisi, atau bahkan bertanya langsung kepada sahabat yang pernah menggunakan jenis investasi tersebut. Jika perlu, konsultasikan dengan konsultan keuangan keluarga. 
Setelah membaca tips merencanakan pendidikan anak di atas, yang perlu dilakukan adalah mengaplikasikannya dengan penuh kedisiplinan dan komitmen demi masa depan sang buah hati.