Find Us On Social Media :

Cara Menyiasati Pengeluaran Tak Terduga Jelang Tahun Ajaran Baru

By Hyashinta Amadeus Onen Pratiwi, Rabu, 9 Juli 2014 | 10:00 WIB

Cara Menyiasati Pengeluaran Tak Terduga Jelang Tahun Ajaran Baru

Intisari-Online.com - Tahun ajaran baru identik dengan biaya daftar ulang, uang buku dan seragam. Ditambah lagi waktunya hampir bersamaan dengan musim liburan, bulan Ramadhan, dan lebaran. Oleh karena itu cara menyiasari pengeluaran tak terduga jelang tahun ajaran baru penting untuk diketahui agar kondisi keuangan keluarga tidak kebobolan. 
Sebuah anggaran rumah tangga yang sudah tersusun dengan baik sering kali berantakan karena adanya pengeluaran tak terduga. Kado untuk teman yang ulang tahun atau melahirkan, pernikahan saudara, sunatan tetangga, atau kendaraan rusak. Tentu hal ini tidak bisa dihindari. Bagaimana cara menyiasati pengeluaran tak terduga ini?(Baca juga: Perencanaan Keuangan Keluarga Bisa Dimulai Sejak Pacaran
1. Pisahkan uang tabungan dan dana darurat ke rekening lain 
Ketika menerima gaji dari suami atau gaji sendiri, segera kirim uang tabungan dan dana darurat ke rekening lain. Jadi dalam rekening hanya ada dana untuk kebutuhan tetap yang sudah Anda anggarkan. Hal ini dilakukan agar Anda tidak merasa mempunyai uang berlebih. Harapannya agar Anda lebih cermat dan berhati-hati dalam mengeluarkan uang. 
2. Temukan pos lain yang dapat dikorbankan 
Cara menyiasati pengeluaran tak terduga jelang tahun ajaran baru yang lain yaitu dengan mengorbankan pos anggaran lain. Misalnya tidak nonton atau ke salon dulu untuk minggu ini. Makan di rumah dan tidak jajan juga menjadi pilihan bijaksana. Selain hemat, makan bersama rumah juga membuat suasana rumah semakin hangat. Siasat semacam ini dapat menjaga keseimbangan anggaran Anda. 
3. Pakailah uang tunai 
Kartu kredit terkadang membuat Anda tidak merasa kalau uang Anda berkurang. Dengan memakai uang tunai, perpindahan uang dari tangan Anda akan lebih terasa. Gunakan kartu kredit atau debet hanya bila anda lupa membawa uang tunai.  
4. Buatlah pos dana cadangan 
Dalam satu bulan, bisa jadi ada 3 sahabat kita yang menikah atau melahirkan. Tentu ini menjadi pengeluaran tak terduga yang mau tidak mau harus dipenuhi. Pos dana cadangan juga dapat digunakan untuk biaya servis kendaraan, AC, atau gadget yang rusak.(Baca juga: Keuangan Keluarga (2): Manfaat Menulis dan Merinci Pengeluaran
Nah, cara menyiasati pengeluaran tak terduga jelang tahun ajaran baru di atas hanya bisa dilakukan jika Anda membuat anggaran. Jadi, pastikan Anda menganggarkan pengeluaran dengan baik. Anggaran yang sudah tersusun rapi saja bisa berantakan, apalagi yang tidak?