Find Us On Social Media :

Tips Hemat Berbelanja Keperluan Sekolah

By Hyashinta Amadeus Onen Pratiwi, Rabu, 9 Juli 2014 | 17:00 WIB

Tips Hemat Berbelanja Keperluan Sekolah

Intisari-Online.com - Mendekati tahun ajaran baru, beragam keperluan sekolah menjadi barang wajib untuk dibeli. Berikut beberapa tips hemat berbelanja keperluan sekolah untuk sang buah hati: 
1. Periksa apa yang masih ada 
Sebelum memutuskan untuk berbelanja keperluan sekolah, periksa terlebih dulu barang yang masih ada di rumah dan tidak perlu membeli lagi. Misalkan pulpen, penghapus, atau penggaris yang mungkin tercecer padahal masih bisa digunakan. Ajarkah kepada buah hati agar mempu menjaga barang dan menggunakannya semaksimal mungkin.(Baca juga: Sekolah: Antara Negeri dan Swasta
2. Buatlah daftar belanja 
Daftar belanja akan membuat kita tetap fokus tentang keperluan sekolah yang perlu dibeli. Oleh karena itu buatlah daftar sedetail mungkin dan susunlah berdasarkan prioritas kebutuhan. Membuat daftar belanja juga akan membantu kita untuk menyediakan anggaran sesuai kebutuhan. Bisa juga ajak sang buah hati untuk terlibat dalam membuat daftar kebutuhan ini. 
3. Maksimalkan promo dan diskon 
Mejelang tahun ajaran baru, biasanya banyak toko yang memberikan promo maupun diskon. Manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin agar semakin hemat berbelanja keperluan sekolah.  
4. Belanja di toko terdekat 
Berbelanja tentu membutuhkan waktu. Oleh karena itu pilihlah toko yang dekat dengan rumah Anda agar lebih hemat tenaga dan waktu. Jarak tempuh yang dekat juga akan membuat biaya transportasi semakin hemat.(Baca juga: Jokowi Pernah Mogok Sekolah
5. Berbelanjalah tanpa sang buah hati 
Kalau memang sang buah hati masih kecil dan bisa ditinggal, berbelanjalah sendiri. Hal ini mengingat anak-anak cederung ingin mendapatkan apa yang dia inginkan, padahal mungkin harganya mahal. Akan tetapi jika ingin melibatkan anak dalam berbelanja, didiklah anak kita agar berbelanja sesuai kebutuhan. 
Itulah tips hemat berbelanja keperluan sekolah. Selamat berbelanja untuk sang buah hati.