Find Us On Social Media :

Tips Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa Perantau

By Hyashinta Amadeus Onen Pratiwi, Minggu, 20 Juli 2014 | 08:00 WIB

Tips Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa Perantau

Intisari-Online.com - Apakah Anda sedang atau akan kuliah di luar kota atau pulau? Jika iya, maka Anda harus mandiri dalam mengatur keuangan. Berikut adalah tips mengatur keuangan untuk mahasiswa perantau
1. Membuat anggaran
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat anggaran, baik pemasukan maupun pengeluaran. Perkirakan berapa pemasukan dan pengeluaran Anda selama satu bulan ke depan. Buatlah pos-pos anggaran seperti makan, transportasi, pulsa, jalan-jalan, belanja bulanan, maupun pos lain yang dibutuhkan. Buatlah sedetail mungkin dan perhitungkan baik-baik. Jangan sampai besar pasak daripada tiang.(Baca juga: Investasi yang Cocok Untuk Mahasiswa)
2. Bedakan kebutuhan dan keinginan
Di awal bulan, terkadang keinginan untuk berbelanja meningkat karena kiriman baru datang. Berilah prioritas untuk kebutuhan Anda, seperti makan, fotokopi, bayar kos, dan peralatan mandi. Semua itu Anda butuhkan agar dapat bertahan hidup sebagai mahasiswa perantau. 
Berbeda dengan keinginan yang tidak selalu harus dipenuhi, misalnya jalan-jalan, nongkrong di cafe, nonton, membeli tas baru, baju baru, dan lainnya. Kuncinya adalah memprioritaskan kebutuhan baru memenuhi keinginan. Jangan sampai di akhir bulan Anda harus puasa.
3. Mencatat
Tips mengatur keuangan untuk mahasiswa perantau selanjutnya adalah mencatat pemasukan maupun pengeluaran yang dilakukan setiap harinya. Cara ini akan membantu Anda untuk mengevaluasi keuangan Anda.
4. Jangan manja
Tinggal jauh dari kelaurga membuat Anda harus serba mandiri, termasuk memasak, mencuci, menyetrika, dan lainnya. Ketika Anda punya waktu luang, kerjakanlah semua sendiri. Uang laundry atau jajan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda yang lain. Cobalah Anda hitung penghematan yang Anda lakukan jika Anda mencuci atau memasak sendiri.
5. Bawa uang secukupnya
Membawa uang dalam jumlah besar di dompet dapat memicu keinginan untuk berbelanja. Ketika jumlah uang terbatas, keinginan tersebut dapat diredam sehingga Anda lebih berhati-hati dalam mengeluarkan uang.(Baca juga: Alternatif Bisnis bagi Mahasiswa
6. Kenali lingkungan Anda
Lingkungan di sini tidak hanya mencakup daerah kos, tetapi juga lingkungan pergaulan. Pilihlah kos yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. Kenali pula tempat makan yang murah di daerah sekitar kampus dan kos. Pergaulan yang tidak sesuai kemampuan finansial akan membuat Anda terpaksa mengikuti ke mana teman pergi, padahal budget terbatas. Oleh karena itu pintar-pintarlah memilih kemana dan kapan Anda bisa pergi. 
7. Menabung
Ini adalah tips terakhir agar Anda mempunyai dana cadangan. Dana ini bisa digunakan ketika Anda sakit, servis kendaraan yang tiba-tiba rusak, maupun kebutuhan lain yang mendadak. Tabungalah 10-20% dari uang jajan Anda.
Itulah tips mengatur keuangan untuk mahasiswa perantau. Selamat mencoba dan melihat hasilnya.