Find Us On Social Media :

Tips Mengatur Uang dalam Perjalanan Mudik

By Hyashinta Amadeus Onen Pratiwi, Rabu, 23 Juli 2014 | 08:00 WIB

Tips Mengatur Uang dalam Perjalanan Mudik

Intisari-Online.com - Kurang dari seminggu lagi kita akan merayakan Lebaran. Mudik menjadi salah satu agenda sebagian keluarga untuk merayakannya di kampung halaman. Berikut tips mengatur uang dalam perjalanan mudik agar tetap hemat dan efisien.1. Rencanakan pengeluaranSebelum berangkat mudik, sebaiknya Anda membuat rencana pengeluaran. Perhitungkan baik-baik pengeluaran apa saja yang di perlukan dalam perjalanan mudik. Buatlah sedetail agar tidak ada yang terlewatkan.

(Baca juga: Tips Mudik Hemat)2. Buatlah pos-posSelesai membuat rencana pengeluaran, kini Anda harus membuat pos-pos pengeluaran. Pisahkan uang Anda sesuai pos-pos seperti uang makan, bensin, parkir, penginapan, dan pos lain yang Anda butuhkan. Anda dapat menggunakan amplop-ampop atau dompet untuk memisahkan uang tersebut. Jangan mengambil uang dari pos lain. Ini akan membantu Anda untuk mengontrol pengeluaran agar tidak melebihi anggaran yang sudah dibuat. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kebocoran di salah satu pos. Dengan memisahkan masing-masing pos, Anda dapat dengan mudah melihat sisa uang yang ada untuk setiap pos.3. Bawa uang tunai secukupnyaTips mengatur uang dalam perjalanan mudik selanjutnya adalah membawa uang tunai secukupnya. Bawalah sesuai rencana pengeluaran yang telah Anda buat. Anda boleh menambahkan uang untuk cadangan jika memang diperlukan.4. Jangan memakai kartu kredit atau debet saat dalam perjalananPakailah uang tunai yang telah Anda sediakan dalam pos-pos. Jangan memakai kartu kredit jika uang tunai masih tersedia. Pakailah kartu kredit atau debet jika memang sangat diperlukan, seperti servis kendaraan yang tiba-tiba mogok, dan sebagaimana. Gunakan kartu kredit atau debet untuk berjaga ketika keadaan darurat terjadi.

(Baca juga: Rencanakan Mudik Biar Kantong Tak Jebol)5. Perhatikan lokasi ATM

Selain uang untuk perjalanan mudik, Anda mungkin akan memerlukan uang untuk hari Lebaran. Entah uang untuk anak-anak, belanja Lebaran, wisata, dan lainnya. Oleh karena itu perhatikan lokasi ATM.Mungkin Anda akan mudik ke suatu tempat yang jarang dijumpai mesin ATM, terlebih ATM yang sesuai dengan bank Anda. Oleh karena itu perkirakan kapan saatnya Anda harus menarik uang. Jangan sampai Anda kesulitan mengambil uang.Itulah 5 tips mengatur keuangan dalam perjalanan mudik agar kantong tidak bocor.