Find Us On Social Media :

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mudik

By Hyashinta Amadeus Onen Pratiwi, Selasa, 22 Juli 2014 | 18:30 WIB

Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mudik

Intisari-Online.com - Bank akan tutup saat Lebaran tiba tanggal 28-29 Juli 2014 nanti. Ditambah adanya cuti bersama yang mungkin membuat layanan perbankan menjadi terbatas. Oleh karena itu, selesaikankanlah urusan perbankan Anda. Berikut hal yang perlu dilakukan sebelum mudik agar Anda dapat berlibur dengan tenang.

(Baca juga: Tips Mudik Hemat)1. Bayar tagihan bulanan

Setiap bulan kita harus merogoh kocek untuk melunasi tagihan listrik, air, telepon, dan tagihan lainnya. Selesaikanlah tagihan Anda sebelum mudik. Selain agar dapat berlibur dengan tenang, Anda juga dapat memperhitungkan anggaran untuk tagihan ini. Jangan sampai uang habis setelah mudik padahal tagihan belum dibayar. Jika Anda menggunakan fasilitas auto debet, pastikan saldo dalam rekening Anda cukup untuk membayar tagihan tersebut. Periksa pula tagihan lain seperti cicilan rumah, kendaraan, atau pembayaran polis asuransi. Pastikan pengeluaran tersebut masuk anggaran dan tidak terlewatkan.2. Transfer dana

Lakukanlah segala keperluan transfer sebagai antisipasi jika di daerah tujuan mudik tidak terdapat ATM. Akan lebih baik jika Anda memiliki fasilitas e-banking atau sms banking sehingga Anda tidak perlu ke bank atau ATM untuk melakukan transaksi. Tetapi ingat  untuk mendapatkan akses e-banking dan sms banking, Anda harus mendaftar di ATM atau kantor tempat Anda membuka rekening.3. Lunasi tagihan kartu kredit

Lunasi tagihan kartu kredit Anda sebelum mudik karena tidak semua ATM di daerah melayani pembayaran kartu kredit. Semakin cepat Anda melunari semakin baik karena bunga tagihan kartu kredit sangatlah tinggi. 

(Baca juga: Hindari Menukar Uang Baru Di Jalanan!)4. Top-up kartu prabayar

Hal yang perlu dilakukan sebelum mudik selanjutnya adalah memeriksa kartu prabayar Anda. Lakukan top-up kartu prabayar agar dapat digunakan sebagai cadangan bila uang tunai tidak mencukupi. Kartu prabayar juga dapat digunakan untuk membayar tol, berbelanja di minimarket, dan keperluan lain yang mendukung.Itulah hal yang perlu dilakukan sebelum mudik berkaian dengan aktivitas perbankan. Segera lakukan dan jangan menundanya agar Anda dapat mudik dengan hati tenang.