Find Us On Social Media :

Cermat Menyiapkan Kebutuhan Hari Raya

By Moh Habib Asyhad, Jumat, 25 Juli 2014 | 10:00 WIB

Cermat Menyiapkan Kebutuhan Hari Raya

Intisari-Online.com - Sudah menerima THR kan? Jangan buru-buru menghamburkannya untuk belanja makanan atau pakaian. Siapkan dengan cermat kebutuhan kita di Hari Raya nanti, supaya tidak buntung. Berikut beberapa cara cermat menyiapkan kebutuhan Hari Raya versi Tabloid Nova.

- Pertama-tama sisihkan uang untuk zakat. Bagaimana pun juga, ini kewajiban bagi tiap muslim di penghujung Ramadhan.

- Bagi yang memiliki karyawan, atau pembantu di rumah, sisihkan penghasilan untuk THR mereka.

- Jika memang memutuskan untuk pulang ke udik alis mudik, siapkan jauh-jauh hari transportasi yang akan digunakan; juga tempat menginap. Jika menggunakan moda transportasi umum, tentu saja tiket harus sudah dipersiapkan jauh-jauh hari.(Baca: Merayakan Lebaran dengan Sehat

- Jangan memamerkan harta buat sok-sokan. Misal, memamerkan perhiasan dan kendaraan. Sadar atau tidak, ini adalah salah satu musabab banyaknya pengeluaran.

- Jika hendak membeli baju baru, diskusikan dengan anak, apakah mereka membutuhkan baju baru. Masih ingat kan lagu anak-akan yang dilantunkan Dhea Andan, “baju baru alhamdulilah, tuk dipakai di Hari Raya, tidak punya tak apa-apa, masih ada baju yang lama.”

- Memastikan siapa saja yang akan diberi ampau juga merupakan cara cermat menyiapkan kebutuhan Hari Raya.

- Ketika hendak berkunjung ke beberapa keluarga, pikirkan juga buah tangan apa yang akan dibawa. Tidak perlu mahal-mahal, asal bermanfaat.(Baca: Mari Rancang Liburan Lebaran

- Soal persediaan kue yang ada di rumah, jika rumah kita memungkinkan tidak dikunjungi banyak orang, tidak perlu membuat kue terlalu banyak. Lumayan, buah pengiritan dalam menyiapkan kebutuhan Hari Raya.

- Untuk ucapan selama lebaran, karena sudah ada teknologi yang sangat mendukung, tidak usah menggunakan kartu ucapan. Cukup dengan email, WhatsApp, LINE, dan beberapa media sosial lainnya.