Find Us On Social Media :

Ini Alasan Biaya Lebaran Membengkak (1)

By Hyashinta Amadeus Onen Pratiwi, Sabtu, 26 Juli 2014 | 19:00 WIB

Ini Alasan Biaya Lebaran Membengkak (1)

Intisari-Online.com - Mungkin banyak yang selama ini mengeluhkan banyaknya biaya yang harus dikeluarkan, mulai dari bulan puasa sampai Lebaran. Nah, ada baiknya Anda mengetahui alasan biaya Lebaran membengkak. Hal ini penting agar Anda dapat mengelola keuangan dengan lebih baik.

(Baca juga: Tips Mengatur Uang dalam Perjalanan Mudik)1. Bulan puasaBulan puasa yang pada dasarnya menjadi saat untuk menahan diri dari rasa lapar dan haus serta nafsu lainnya, justru kadang membuat pengeluaran membengkak. Salah satu penyebabnya yaitu keinginan untuk makan dengan menu yang lebih dari biasanya. Mungkin dalam keseharian Anda makan dengan menu seadanya, tetapi ketika puasa menu saur dan buka menjadi lebih istimewa. Belum lagi takjil dan minuman dingin yang menemani saat-saat berbuka.2. BelanjaRasanya ada yang kurang jika Lebaran dirayakan tanpa baju baru. Nah, pengluaran belanja baju dan aksesoris baru ini terkadang menguras kantong. Ditambah lagi pengeluaran selama berbelanja di mall atau pusat perbelanjaan, seperti makan dan minum. Padahal mungkin saja Anda berbelanja lebih dari satu kali. Hitung saja biaya ekstra selama berbelanja.

(Baca juga: Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Mudik)3. Oleh-olehPengeluaran satu ini boleh dibilang wajib ketika mudik. Oleh-oleh untuk keluarga di kampung menjadi barang bawaan saat mudik. Semakin banyak jumlah kerabat, semakin besar pula pengeluaran Anda untuk pos ini.4. Memenuhi gengsiAlasan biaya Lebaran membengkak selanjutnya adalah untuk memenuhi gengsi. Untuk menunjukkan kesuksesan selama di kota, mungkin Anda membeli gadget baru maupun perhiasan baru. Mungkin juga dengan barang-barang bermerk lain yang dapat mengangkat status sosial Anda.>> Ini Alasan Biaya Lebaran Membengkak (2)