Find Us On Social Media :

Kiat Memperbaiki Keuangan Rumah Tangga

By Hyashinta Amadeus Onen Pratiwi, Senin, 4 Agustus 2014 | 18:30 WIB

Kiat Memperbaiki Keuangan Rumah Tangga

Intisari-Online.com - Penghasilan sering kali tidak mencukupi kebutuhan bulanan rumah tangga. Tanggal tua menjadi musuh bebuyutan dan utang (dianggap) menjadi solusinya. Segera hilangkan kebiasaan ini dengan kiat memperbaiki keuangan rumah tangga di bawah ini.

(Baca juga: 7 Tanda Keuangan yang Tidak Sehat)

1. Ketahui sumber pendapatanSumber pendapatan bisa berasal dari gaji suami, gaji istri, maupun usaha lainnya. Jika memang sumber pendapatan Anda lebih dari satu, maka jumlahkan semuanya.2. Buat daftar pengeluaranTidak hanya sumber pendapatan, Anda juga perlu membuat daftar pengeluaran bulanan. Pengeluaran rutin seperti air, listrik, uang sekolah, dan kebutuhan pokok lainnya perlu dicatat dan dibagi dalam pos-pos. Pos yang bisa dibuat antara lain pos makan, rekreasi dan hiburan, dana darurat, dan pos lainnya sesuai kebutuhan. 3. Hitung hutang AndaHutang terkadang menjadi solusi sementara masalah keuangan rumah tangga. Langkah pertama untuk mengatasinya adalah dengan menghitung total hutang dan cicilan yang harus Anda bayar setiap bulan. Jangan menghindari menghitung total jumlah hutang agar Anda tetap bersikap realistis.4. Buat rencana keuanganKiat memperbaiki keuangan rumah tangga selanjutnya adalah dengan membuat rencana keuangan untuk menyeimbangkan penghasilan dengan pengeluaran. Aturlah penghasilan Anda untuk mencukupi kebutuhan dan menyicil hutang. Dahulukan membayar hutang daripada menabung jika hutang cukup besar. Anda juga perlu mencukupi kebutuhan sesuai prioritas. Buatlah rencana dan anggaran keuangan di buku atau komputer.5. Hidup hematAnda dapat mengajak seluruh anggota keluarga untuk hidup hemat. Mengurangi frekuensi ke mall atau makan di luar rumah dapat menjadi alternatif. Gunakan uang untuk memenuhi kebutuhan, bukan keinginan.

(Baca juga: Perencanaan Keuangan Keluarga Bisa Dimulai Sejak Pacaran)6. MotivasiMotivasi keluarga penting untuk membangkitkan keuangan rumah tangga. Misalnya ingin membeli rumah atau kendaraan pribadi. Motivasi ini akan membantu Anda dan keluarga untuk lebih bijak dalam menggunakan uang.Itulah kiat memperbaiki keuangan rumah tangga. Menyusun anggaran tidak sulit, namun dalam menerapkannya perlu sikap bijak dan disiplin.