Find Us On Social Media :

5 Pelajaran Keuangan dari Permainan Monopoli

By Hyashinta Amadeus Onen Pratiwi, Selasa, 12 Agustus 2014 | 07:00 WIB

5 Pelajaran Keuangan dari Permainan Monopoli

Intisari-Online.com - Sebagian besar dari kita pasti pernah bermain monopoli. Ternyata, ada pelajaran keuangan dari permainan monopoli yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan nyata.
Permainan monopoli telah ada sejak 1935. Membuat permainan ini hampir berusia 80 tahun dan masih terus dimainkah bahkan ada aplikasi yang menawarkan permainan ini via smartphone. Berikut lima hal yang dapat kita pelajari dari monopoli.(Baca juga: Kakek dan Nenek Bisa Mempengaruhi Niat Menabung Cucu
1. Investasi beragam 
Dalam permainan, kita mendapatkan kekayaan dari membeli rumah, hotel, atau biaya sewa ketika pemain lain mendarat di properti kita. Oleh karena itu kita harus memutuskan properti apa saja yang dapat dibeli dan harga sewanya tinggi. Cara ini juga berlaku untuk keuangan pribadi. Kita harus menyusun aliran pendapatan dan melakukan investasi secara beragam. Kita bisa mempertimbangkan rumah kedua untuk disewakan dan menambah fasilitas di dalam rumah tersebut. 
2. Menghasilkan pendapatan pasif 
Mengumpulkan uang sewa dari lawan di permainan monopoli tentu tidak membutuhkan banyak usaha. Itulah pendapatan pasif. Kita dapat melakukannya di dunia nyata dengan membangun rumah kos atau menyewakan vila. Investasi di pasar saham juga dapat menjadi pilihan. 
3. Jauhkan dana darurat 
Menghabiskan semua uang monopoli akan menempatkan kita dalam posisi pecundang. Dalam kehidupan nyata, akibat jika tidak memiliki uang bisa jauh lebih buruk. Oleh karena itu sediakan dana darurat. Tidak harus menaruh uang dalam jumlah besar di dompet, tetapi simpanlah di bank. Gunakanlah fasilitas ATM dan kartu kredit sehingga akes dapat dilakukan dengan mudah.(Baca juga: Reputasi Singapura Sebagai Surga Belanja Menurun
4. Hindari hutang 
Pelajaran keuangan dari permainan monopoli selanjutnya adalah menghindari hutang. Ketika bermain, alasan membeli properti harus jelas. Pertimbangkan keuntungan dalam jangka panjang serta risiko yang bisa terjadi. Begitu pula dalam dunia nyata. Alasan dalam membeli sesuatu harus jelas. Apakah itu kebutuhan atau keinginan? 
5. Bekerjsama dengan orang lain 
Pemain bagus akan fokus pada rencana, termasuk bekerjasama dengan pemain lain yang sering membantu memenangkan permainan. Strategi yang sama juga dapat meningkatkan kesehatan keuangan kita. Dengan bekerjasama dengan orang lain, kita dapat menarik ide-ide mereka dan membahas masalah keuangan yang terjadi. 
Itulah lima pelajaran keuangan dari permainan monopoli.