Find Us On Social Media :

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Rumah Bekas

By Hyashinta Amadeus Onen Pratiwi, Jumat, 15 Agustus 2014 | 11:00 WIB

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Rumah Bekas

Intisari-Online.com - Setiap keluarga pasti ingin mempunyai rumah sendiri. Di tengah mahalnya harga rumah baru, Anda masih bisa membeli rumah bekas. Berikut hal yang perlu diperhatikan saat membeli rumah bekas.(Baca juga: Proses Membeli Rumah Jadi Penyebab Stres Paling Tinggi
1. Budget
Membeli rumah bekas memang lebih menguntungkan karena mungkin Anda akan mendapatkan tanah yang lebih luas dibanding rumah baru dengan harga sama. Namun, Anda tetap harus menentukan budget untuk membeli rumah baru. Anda juga perlu memperhatikan biaya renovasi atau perbaikan jika memang Anda ingin mengubah rumah bekas tersebut. Itu semua masuk dalam budget membeli rumah. 
2. Buat daftar rumah bekas yang dijual
Sebelum memilih rumah, alangkah lebih baik jika Anda mempunyai daftar. Selain menambah pilihan, Anda juga dapat membandingkan harga dan kondisi rumah. Survei juga perlu dilakukan untuk setiap rumah yang menarik perhatian Anda. Berilah penilaian misalkan dari 10 rumah, Anda memilih 3 rumah baru kemudian memilih 1 rumah mana yang paling tepat untuk Anda dan keluarga. 
3. Beli langsung dari pemiliknya
Akan lebih baik dan jika Anda membeli langsung dari pemiliknya tanpa perantara. Selain memperoleh informasi secara langsung dan detail, Anda dapat mendapatkan harga yang lebih murah karena tidak ada komisi untuk perantara. Namun kemampuan negosiasi harga tetap dibutuhkan di sini.(Baca juga: Tips Membeli Rumah Bebas Banjir
4. Periksa secara detail
Survei sebaiknya dilakukan lebih dari satu kali agar Anda lebih yakin. Periksa kualitas rumah, beton, usia bangunan, fondasi, sumber dan saluran air, akses, kondisi lingkungan, dan lainnya. Periksa pula harga rumah yang dijual dengan menanyakan harga tanah di sekitar rumah tersebut dari tetangga. Pastikan pula rumah tersebut tidak mempunyai tagihan yang belum terbayar. Selanjutnya yang paling penting adalah periksa dokumen legal rumah.  
5. Pilih sistem pembelian
Hal yang perlu diperhatikan saat membeli rumah bekas selanjutnya adalah memilih sistem pembelian. Apakah Anda akan membeli secara tunai atau dengan KPR? Jika Anda ingin mengajukan aplikasi KPR sebaiknya langsung ke banyak bank. Hal ini agar Anda punya pilihan dan posisi tawar. Selain itu Anda tidak perlu menghabiskan waktu jika salah satu bank ternyata menolak aplikasi Anda. 
 
Itulah 5 hal yang perlu diperhatikan saat membeli rumah bekas.