Find Us On Social Media :

Uang Tunai Tidak Akan Mati!

By Hyashinta Amadeus Onen Pratiwi, Minggu, 17 Agustus 2014 | 20:45 WIB

Uang Tunai Tidak Akan Mati!

Intisari-Online.com - Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membuat transaksi semakin mudah. Seperti dilansir CNBC, beberapa ahli meyakini uang tunai tidak akan mati. (Baca juga: 4 Mitos Keuangan yang Terpatahkan
Munculnya kartu kredit dan debet serta fitur e-banking membuat penggunaan uang tunai semakin berkurang. Baru-baru ini juga muncul bitcoin, uang virtual dalam dunia digital atau bisa disebut uang tunai di internet untuk berbelanja online. Perkembangan ini seakan menyudutkan penggunaan uang tunai yang biasa kita simpan dalam dompet. Berbagai fitur perbankan juga dapat kita nikmati lewat ponsel. Apakah ponsel akan menggantikan fungsi dompet? 
Ternyata beberapa ahli meragukan jika uang tunai akan hilang sepenuhnya. "Seperti halnya cek, kartu debit, kartu kredit dan bitcoin tidak akan mengakhiri kebutuhan kita akan uang tunai," kata Jeffery Born, profesor keuangan di Northeastern University D'Amore-McKim School of Business. 
Born juga mengatakan kenyamanan transaksi elektronik tidak selalu memenuhi kebutuhan kedua belah pihak. Ketika kita membayar dengan uang tunai, tak seorang pun harus tahu siapa kita. Berbeda dengan transaksi elektronik dimana identitas pengirim dan penerima akan lebih mudah dilacak. Kondisi ini tentu tidak menguntungkan bagi mereka yang ingin privasi terjaga saat membeli. Inilah mengapa uang tunai tidak akan mati.(Baca juga: Kesalahan Si Lajang Saat Kelola Uang
Meskipun bitcoin membuat beberapa kemajuan dalam menggantikan uang tunai, namun bitcoin memiliki kelemahan. Pertama, tidak ada sistem bunga dalam bitcoin, sama halnya menyimpan uang dalam dompet. Kedua, tidak ada perlindungan dari pemerintah atau perbankan. Ketiga, pengunaan bitcoin memerlukan jaringan internet. Dengan kata lain butuh energi listrik untuk menyalakan piranti. Kondisi ini tentu kurang mendukung ketika terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsong, tsunami, dan lainnya. 
Sistem transaksi mungkin juga berpengaruh pada berapa banyak uang yang keluar. Ketika menggunakan kartu kredit atau debet, kita tidak merasakan uang berkurang secara nyata. Berbeda ketika berbelanja menggunakan uang tunai. Berkurangnya uang tunai akan terasa nyata oleh kita. Itulah beberapa alasan mengapa uang tunai tidak akan mati.