Find Us On Social Media :

Investasi Samsung di Indonesia

By Lila Nathania, Selasa, 19 Agustus 2014 | 09:00 WIB

Investasi Samsung di Indonesia

Intisari-Online.com - Calon presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi), membawa kabar gembira mengenai investasi Samsung di Indonesia usai bertemu dengan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Cho Tai-young.(Baca juga: Samsung Galaxy S5 Resmi Diluncurkan

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan tersebut dilangsir akan membangun pabrik ponsel dan produk elektronik di Indonesia. Samsung berjanji akan menanamkan investasinya di Indonesia akhir tahun ini setelah terbentuknya pemerintahan yang baru.

Budi Darmadi selaku Direktur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi berkata bahwa kini besaran nilai investasi Samsung di Indonesia masih dihitung. Meski begitu sejumlah sumber mengatakan bahwa jumlah total investasi ini dapat mencapai 2,5 miliar dollar AS atau kurang lebih 28 triliun rupiah. Wilayah yang diincar sebagai lokasi pabrik sendiri yaitu Jakarta atau Jawa Tengah serta Jawa Timur.(Baca juga: IPhone atau Samsung, Mana yang Diinginkan Negara Berkembang?)  

Samsung memang sedang melakukan ekspansi di kawasan Asia Tenggara. Juli 2014 lalu perusahaan ini juga membangun pabrik ponsel di Vietnam dengan kapasitas produksi hingga 48 juta ponsel per tahun. Pihak Samsung sendiri telah mengonfirmasi kebenaran berita ini. Kanghyun Lee, Corporate Affair Vice President Samsung Electronics, mengatakan bahwa mereka telah berdiskusi dengan pemerintah mengenai rencana investasi Samsung di Indonesia. Bentuk yang disepakati adalah pabrik perakitan ponsel untuk pasar domestik.