Find Us On Social Media :

Hemat Air, Hemat Uang!

By Hyashinta Amadeus Onen Pratiwi, Rabu, 27 Agustus 2014 | 07:00 WIB

Hemat Air, Hemat Uang!

Intisari-Online.com - Walau terkesan kurang penting, hemat air ternyata juga merupakan sebagaian dari penghematan anggaran kelaurga. Hemat air, hemat uang seakan perlu digaungkan.(Baca juga: Tips Menghemat Air
Jika kebutuhan air kita dipasok dari sumur dengan menggunakan pompa air listrik, pengehmatan akan megurangi biaya listrik. Jika air dipasok PDAM, nilai tagihan pun akan lebih kecil. Hemat air, hemat uang. Bagaimana cara menghematnya? 
1. Mulai dari hal kecil tapi penting 
Jangan biarkan air tetap mengucur saat kita sedang menggosok gigi atau mencucui peralatan makan atau memasak. Buka keran hanya jika diperlukan. Tutup kembali jika tidak digunakan. Untuk mencuci mobil, gunakan ember dan lap. Penggunaan selang air justru menyulitkan kontrol penggunaan air. 
2. Gunakan air bekas mencuci untuk mengerjakan hal lain 
Air bekas bilasan cucian, misalnya dapat digunakan untuk membersihkan kamar mandi. Bisa juga untuk membersihkan bagian kotor dari mobil seperti ban atau rumah rodanya. Hal lain yang bisa dilakukan yaitu menyiram halaman rumah yang kering atau berdebu dengan air bekas bilasan cucian. (Baca juga: Mari 'Selamatkan' Air untuk Kehidupan!
3. Optimalkan penggunaan mesin cuci 
Jika terbiasa menggunakan mesin cuci, usahakan mencuci baju dalam jumlah banyak sekaligus, misalnya seminggu sekali. Jika belum mempunyai mesin cuci dan di kemudian hari membutuhkan, pilihlah mesin cuci dengan bukaan di atas. Mesin cuci dengan bukaan di depan relatif boros air. 
Itulah beberapa tips menghemat air sekaligus menghemat uang. Selain menjaga ketersediaan air bersih, cara ini dapat membantu menghemat anggaran. Hemat air, hemat uang! 
>> Tulisan ini dimuat di Majalah Intisari Edisi Khusus Family Financial Planning tahun 2005, ditulis oleh Andy Indrayanto.