Find Us On Social Media :

Kenapa Pengusaha Butuh Coach?

By Hyashinta Amadeus Onen Pratiwi, Senin, 1 September 2014 | 19:00 WIB

Kenapa Pengusaha Butuh Coach?

Intisari-Online.com - Bukan hanya tim sepak bola yang butuh coach, ternyata pengusaha juga butuh. Kenapa pengusaha butuh coach?(Baca juga: Tips Menjadi Pengusaha di Usia Muda
Mungkin banyak pengusaha yang merasa tidak butuh coach karena dia sendiri adalah pemilik. Pemilik adalah posisi paling tinggi. Namun, anggapan ini ditampik oleh Ben Abadi, seorang konsultan bisnis dan pengusaha. Fungsi coach sendiri sebenarnya bukan untuk menggurui. 
Berikut alasan kenapa pengusaha butuh coach
1. Teman saja tidak cukup 
Mungkin ada yang mengatakan “Ahh, tanya ke temen juga bisa. Di internet juga banyak informasi”. Memang benar, namun apakah mereka mau menyediakan waktu khusus untuk mendengarkan Anda? Memberikan pencerahan atau pun jurus-jurus khusus kesuksesannya? Belum tentu semua mau memberikan informasi. 
Ditambah lagi bisa jadi seseorang sukses di bisnis A, tetapi belum tentu dia dapat memahami masalah di bisnis B. Inilah kelebihan coach profesional yang benar-benar tahu benang merah menjalankan bisnis, termasuk pengelolaan SDM, pemasaran, dan lainnya. 
2. Tiap orang punya titik buta 
Setiap orang punya titik buta, sebuah titik dimana kita tidak bisa melihat kiri dan kanan. Sebagai pemain, pengusaha terkadang tidak melihat beberapa sisi lain. Oleh karena itu fungsi coach adalah untuk membuka apa yang tidak terlihat oleh pengusaha. Seorang coach akan menjadi umpan, bukan hanya alat pancing untuk mendapatkan ikan yang lebih banyak. (Baca juga: 10 Sifat yang Dimiliki Orang Sukses
3. Menunjukkan sasaran market 
Alasan kenapa pengusaha butuh coach selanjutnya adalah untuk menunjukkan sasaran market. Seorang coach bisa jadi akan menunjukkan peluang-peluang yang tidak dilihat oleh pengusaha. Hal ini karena coach memandang dari perspektif yang berbeda. Terkadang pengusaha membutuhkan orang lain untuk berdiskusi mengenai ide, pendapat, atau keptusannya. Coach dapat menjadi jawaban yang ideal. 
4. Mempersingkat pembelajaran 
Untuk belajar bisnis dibutuhkan waktu lama. Misalnya saja untuk mencapai gelar Master of Business Administration (MBA), gelar S2 bagi lulusan yang mengambil jurusan Administrasi Bisnis. Daripada menyita waktu, maka kehadiran coach dapat mempersingkat pembelajaran. Coach dapat memberikan sari-sari ilmunya untuk membantu pengusaha. 
Itulah alasan kenapa pengusaha butuh coach.