Find Us On Social Media :

Inilah 5 Tanda Anda Ketergantungan pada Kartu Kredit

By Ulfa Karina, Kamis, 4 September 2014 | 13:00 WIB

Inilah 5 Tanda Anda Ketergantungan pada Kartu Kredit

Intisari-Online.com -Kartu kredit apabila digunakan dengan cerdas makan akan menjadi penolong yang baik. Namun, lain halnya jika Anda tergantung pada kartu kredit. Untuk menghindarinya, berikut ini 5 tanda Anda ketergantungan pada kartu kredit.

1. Anda membayar tagihan kartu kredit dengan penuh perjuangan

Kartu kredit memiliki aturan utama yaitu membayar tagihan bulanan secara tepat waktu, pembayaran telat akan membuat bunga pada kartu kredit bertambah. Jika Anda hanya mampu melakukan pembayaran minimum dan Anda kesulitan membayar tagihan, hati-hati itu salah satu tanda anda ketergantungan pada kartu kredit2. Anda menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan poin berhadiah

Memang, ketika kita bertransaksi menggunakan kartu kredit kita akan mendapatkan sebuah poin yang nantinya jika dikumpulkan akan mendapatkan hadiah tertentu yang dijanjikan oleh bank. Alasan tersebut bisa berdampak pada kegiatan belanja Anda dengan kartu kredit dan membuat tagihan bulanan menjadi bengkak hanya demi mendapatkan poin berhadiah.

3. Anda tetap menggunakan produk dengan kualitas standar

Nilai kredit yang stabil dalam kartu kredit berdasarkan kebiasaan belanja yang pintar. Setiap konsumen berhak untuk persyaratan pinjaman kredit yang kompetitif dan dengan kondisi yang baik. Jika anda memiliki kartu kredit dengan suku bunga 18 sampai 20 persen namun barang yang bisa dibeli tetap dengan kualitas standar, itu berarti anda sudah ketergantungan dengan kartu kredit anda, mulailah berhati-hati.

4. Kartu kredit Anda lebih dari satu

Seringkali kita mendapatkan bonus dari kartu kredit yang kita miliki, hal ini tentu membuat kita tergiur untuk memiliki kartu kredit lagi. Sehingga tanpa kita sadari kartu kredit kita telah lebih dari satu dan memenuhi selipan-selipan pada dompet kita. Ujungnya, tiap bulan tagihan berlembar-lembar dari berbagai kartu kredit memenuhi meja kerja Anda.

5. Menggunakan kartu kredit sebagai simbol status kehidupan

Kartu kredit memang bisa membuat seseorang terlihat lebih “berduit “ karena desain yang mewah dengan warna-warna platinum juga emas yang ditawarkannya. Otomatis orang lain akan memandang bahwa Anda orang kaya yang berbelanja dengan menggunakan kartu kredit. Tapi hati-hati jika Anda menggunakan kartu kredit sebagai simbol status kehidupan ternyata itu juga tanda bahwa Anda ketergantungan kartu kredit (cnbc/bankrate.com)