Find Us On Social Media :

Mengapa Kita Perlu Memiliki Dana Darurat?

By Ulfa Karina, Selasa, 9 September 2014 | 18:00 WIB

Mengapa Kita Perlu Memiliki Dana Darurat?

Intisari-Online.com - Merencanakan pengeluaran memanglah penting, terlebih beberapa kejadian tak terduga sering terjadi. Lantas, mengapa kita perlu memiliki dana darurat? Berikut alasannya.

1. Masalah pada kendaraan

Siapa yang pernah menyangka bahwa ketika perjalanan ke kantor kendaraan anda mengalami kerusakan, seperti aki kering atau turun mesin? Bahkan hal sepele seperti ban yang kempes, atau kecelakaan yang menyebabkan anda harus merogoh kocek biaya perbaikan yang sangat banyak. Masalah pada kendaraan seperti ini adalah salah satu alasan mengapa kita perlu memiliki dana darurat.

 2. Perbaikan rumah

Rumah yang kita tempati sekarang ini adalah segalanya, tempat berlindung dan tempat beristirahat. Tetapi, ketika suatu kejadiaan menimpa rumah kita seperti atap bocor, saluran air mampet, atau mesin air rusak atau bencana alam membuat rumah kita perlu direnovasi ulang hal inilah yang kadang  luput dari perencanaan anggaran rumah tangga. Jadi, siapkanlah dana darurat terkait untuk perbaikan rumah kita.

3. Perawatan medis

Sehat sangat mahal harganya, pepatah ini memang benar sekali. Seringkali kebanyakan materi membuat kita lupa diri dengan apa yang kita konsumsi. Maka tak jarang ketika tua banyak penyakit menerpa kita, sehingga uang yang kita kumpulkan habis untuk biaya pengobatan. Perawatan medis juga menjadi alasan mengapa kita perlu memiliki dana darurat. Belum lagi ketika anggota keluarga kita atau kita sendiri yang mengalami kecelakaan sehingga harus mengeluarkan biaya darurat untuk perawatan medis.

4. Kehilangan pekerjaan atau kerugian pada usaha

Kita tak bisa mengetahui kapan kita akan terus produktif dan bisa menghasilkan uang, ada kalanya ketika perusahaan kita bekerja bangkrut dan kita kehilangan pekerjaan dan penghasilan. Kejadian inilah yang membuktikan mengapa memiliki dana darurat itu penting. Atau ketika usaha yang kita geluti mengalami kerugian dan kebangkrutan, dana darurat juga bisa menjadi penolong keungan kita. Sehingga memiliki dana darurat sangatlah diperlukan.

Keempat hal diatas menjelaskan mengapa kita perlu memiliki keadaan darurat. Karena itulah buat rencana keuangan anda secara terperinci sehingga ketika keadaan darurat datang anda sudah siap dengan dana cadangan. (CNBC)