Find Us On Social Media :

Apa Itu Aset Intenjibel?

By Ulfa Karina, Minggu, 21 September 2014 | 10:00 WIB

Apa Itu Aset Intenjibel?

Intisari-Online.com - Sering mendengar kata aset intenjibel? Sebenarnya apa itu aset intenjibel? Aset intenjibel adalah aset yang tak berwujud, beda dengan aset yang terlihat wujudnya seperti properti dan barang-barang berharga lainnya.

Apa saja jenis aset intenjibel?* Goodwill atau aset jangka panjang suatu perusahaan.Biasanya goodwill terjadi apabila ada satu perusahaan yang di akuisisi oleh perusahaan lain dan pembayarannya melebihi harga perusahaan yang di beli tersebut. Misalnya perusahaan A adalah perusahaan handphone dan perusahaan B adalah perusahaan software. Perusahaan A ingin membeli perusahaan B yang harganya 200 Juta. Dan perusahaan A bersedia membayar 250 Juta, maka kelebihan 50 Jutanya yang disebut goodwill.* Hak CiptaHak cipta juga merupakan aset yang tak berwujud. Pembelian hak cipta dari suatu perusahaan berguna untuk sebuah perusahaan untuk tetap berproduksi walau telah berpindah tangan ke pemilik lain atau perusahaan lain.

* Hak PatenHak paten juga termasuk aset yang tak berwujud. Jika sebuah perusahaan memproduksi batik dan memilki desain yang khas dan dipatenkan. Maka desain tersebut termasuk hak paten dan aset dari perusahaan terserbut.

Setiap aset memiliki waktu berlakunya sendiri, namun bagi aset intenjibel atau aset yang tak berwujud masa berlaku dan nilainya adalah tak terbatas. Untuk goodwill masa berlakunya tak akan pernah habis. Tetapi, untuk hak paten akan berlaku selama 20 tahun.

Begitulah penjelasan mengenai aset intenjibel, semoga bermanfaat. (Businessnewsdaily)