Find Us On Social Media :

Waspadai 4 Tempat Ini Jika Memakai Kartu Kredit atau Kartu Debit!

By Ulfa Karina, Senin, 22 September 2014 | 10:00 WIB

Waspadai 4 Tempat Ini Jika Memakai Kartu Kredit atau Kartu Debit!

Intisari-Online.com - Bertransaksi menggunakan kartu kredit atau kartu debit memang memudahkan, tapi jika tidak digunakan secara bijaksana, bisa jadi kita jatuh miskin. Untuk itu, waspadai 4 tempat ini jika memakai kartu kredit atau kartu debit!1. ATM skimming

Banyaknya ATM yang tersebar di berbagai daerah memang memudahkan kita, namun hal ini juga ada negatifnya. Dengan penggunaan alat skimming yang mampu membaca magnetik pada kartu kita yang ditempelkan pada slot kartu di ATM, alat ini berbahaya dan bisa membaca PIN kita dan membobol rekening. Maka berhati-hatilah, pastikan cari ATM yang ditempat resmi kalau bisa berdampingan dengan salah satu cabang dari bank.

2. Jangan gunakan ATM di SPBU

Tempat kedua yang beresiko untuk kita menggunakan kartu kredit adalah SPBU. Masih dengan sistem yang sama dengan alat skimming. Bedanya, modus di SPBU ini biasanya menggunakan kamera kecil yang ditempatkan di dekat ATM yang bisa merekam aktifitas ketika membayar bensin menggunakan kartu debit khususnya. Untuk itu, tetaplah waspada. Lebih baik gunakan uang tunai langsung untuk membayar bensin di SPBU.

3. Situs Web

Bagi yang sering belanja online menggunakan kartu kredit haraplah berhati-hati. Pastikan situs yang kita ajak kerjasama legal dan bisa dipertanggungjawabkan. Karena, sampai sekarang menggunakan kartu kredit ketika belanja online masih cukup berisiko jika tak ada keterangan resmi. Data yang tersimpan bisa saja dibajak, dan membuat rekening kita dijebol oleh orang yang tak bertanggung jawab.

4. Restoran

Ketika kita makan di restoran dan membayar menggunakan kartu kredit atau debit, data yang ada akan tersimpan di dalam sistem restoran. Sayangnya, kecenderungan pihak restoran untuk melindungi data tersebut masih kurang apalagi jika skala restorannya tak terlalu besar. Untuk itu, lebih berhati-hatilah dalam bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit atau debit.

Itulah 4 tempat yang harus diwaspadai ketika bertransaksi dengan kartu kredit atau debit. Bukannya menakut-nakuti, hanya mengingatkan agar kita lebih teliti dan berhati-hati. Semoga bermanfaat. (bankrate)