Find Us On Social Media :

8 Hal yang Harus Dipelajari Sebelum Menjalani Bisnis Franchise

By Birgitta Ajeng, Kamis, 25 September 2014 | 17:00 WIB

8 Hal yang Harus Dipelajari Sebelum Menjalani Bisnis Franchise

Intisari-Online.com - Kini, bisnis franchise semakin digemari banyak orang. Buat Anda yang ingin berbinis, model bisnis ini sangat menjanjikan. Akan tetapi, seperti ditulis di dalam buku Jangan Mau Pensiun Berkarat, Melarat, dan Sekarat karya Freddy Pieloor, ada beberapa hal yang harus dipelajari sebelum menjalani bisnis franchise, antara lain:

1. Perhatikan mereknya

Apakah merek atau brand franchise yang Anda minati cukup kuat dan terkenal?

2. Sudah berapa lama?

Sudah berapa lama franchise tersebut memulai dan membangun bisnisnya? Semakin lama bisnis franchise terbukti “eksis” dan berkembang, maka akan semakin “aman” keputusan Anda membeli franchise ini. Selain itu, Anda perlu mengetahui siapa pemilik franchise.

3. Bagaimana sistemnya?

Bagaimana sistem bisnis franchise tersebut? Terkait standardisasi produk; metode persiapan/pengolahan produk atau makanan atau jasa (higienis dan pemakaian bahan); periklanan dan promosi; sistem akuntansi; sistem pelatihan tenaga kerja; kontrol persediaan; kebijakan dagang dan harga.

4. Cari tahu mengenai franchise lain

Cari tahu mengenai franchise lain yang bergerak di bidang usaha yang sama, apa saja kelebihan dan kekurangan franchise tersebut dibandingkan franchise yang sedang Anda bidik, untuk mendapatkan pandangan yang lebih objektif dalam menentukan pilihan. Siapa tahu ada franchise lain yang memiliki prospek lebih baik.

5. Apa yang menjadi daya tarik bisnis tersebut?

Apa yang menjadi daya tarik bisnis tersebut. Apakah kelebihan bisnis tersebut yang dapat menarik pengunjung lebih banyak dibandingkan dengan bisnis sejenis. Hal ini penting karena dalam memasarkan sebuah barang atau jasa, diferensiasi atau keunikan menjadi hal utama dalam menarik minat pengunjung.

6. Sudah berapa banyak yang menjalankan franchise tersebut?