Find Us On Social Media :

Ini Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan untuk Keberhasilan Bisnis di Rumah

By Birgitta Ajeng, Kamis, 30 Oktober 2014 | 14:00 WIB

Ini Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan untuk Keberhasilan Bisnis di Rumah

Intisari-Online.com - Membangun bisnis di rumah dapat dilakukan oleh seorang perempuan yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Bila serius, kegiatan ini sangat menguntungkan dan berpeluang untuk dikembangkan menjadi bisnis yang besar. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk keberhasilan bisnis di rumah seperti ditulis di dalam buku Jadi Kaya dengan Berbisnis di Rumah karya Ir. Netti Tinaprilla, MMA.

1. Harus ada tempat khusus untuk ruang usaha.

Ruang khusus untuk bekerja merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi. Hal ini agar aktivitas keluarga tidak bercampur dengan aktivitas bisnis. Begitupun barang-barang atau arsip bisnis tidak bercampur menjadi satu dengan mainan anak-anak. Kalau tidak jelas batas-batas yang digunakan oleh bisnis maka sulit juga dalam menghitung biaya sewa tempatnya. Karena biarpun menggunakan rumah sendiri namun harus tetap diperhitungkan biaya sewa sebagai biaya pengeluaran.

2. Tegas dan disiplin waktu namun fleksibel

Kadang-kadang keperluan keluarga waktunya bersamaan dengan keperluan bisnis maka kita sulit sekali mana yang harus didahulukan. Tidak munafik, kita akan mendahulukan keperluan keluarga daripada keperluan bisnis. Nah, apabila hal ini sering terjadi, atau bahkan setiap hari maka anak membuat iri bagi karyawan kita, mereka juga akan menuntut waktu izin apabila ada sesuatu terjadi terhadap mereka. kalau sekali-kali tidak masalah, kalau terlalu maka urusannya menjadi lain.

3. Keluarga rela tempatnya untuk usaha

Ada sebagian keluarga yang merasa tidak setuju bila rumahnya dijadikan tempat usaha. Karena mereka mempunyai alasan tersendiri, misalkan merasa trganggu di waktu istirahat, hal ini tentunya harus didiskusikan terlebih dahulu bersama seluruh anggota keluarga yang tinggal di rumah tersebut. Apabila ada yang tidak setuju lebih baik jangan dipaksa karena akan menjadi duri di kemudian hari.

4. Harus ada fasilitas bekerja

Fasilitas kerja, seperti; nomor telepon, listrik, sumber air, parkiran, dan sebagainya merupakan komponen yang harus ada. Bila tidak dapat dipenuhi maka bisnis tidak akan berjalan secara baik, bahkan akan menjadi faktor penghambat kelancaran jalannya bisnis. Selain itu, semua fasilitas, seperti telepon akan dihitung ke dalam kategori bisnis, sehingga biaya langganannya akan jauh lebih mahal.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan untuk keberhasilan bisnis di rumah. Semoga bermanfaat.