Find Us On Social Media :

Hindari 4 Hal Ini Supaya Kita Bisa Menabung

By Axel Natanael Nahusuly, Senin, 17 November 2014 | 15:00 WIB

Hindari 4 Hal Ini Supaya Kita Bisa Menabung

Intisari-Online.com - Menjadi orang yang mapan secara finansial adalah impian banyak orang. Masalahnya, hanya sedikit orang yang benar-benar disiplin mengatur arus uang. Berikut ini beberapa hal yang harus kita hindari supaya bisa menabung.

Pengeluaran yang berlebihLebih besar pasak daripada tiang, Itulah pribahasa yang tepat bagi keadaan kita yang lebih besar pengeluaran daripada pemasukan. kita harus dapat mengendalikan semua pengeluaran yang kita lakukan.

Menurut Ramit Sethi, Financial Expert, Penulis I will Teach You To Be Rich, dan Rod Ebrahimi, CEO, Ready for Zero, menyarankan untuk kita memaksakan pemasukan untuk setara dengan gaya hidup berlebihan. Turunkan ekspektasi kita, sadari bahwa uang yang kita sia-siakan di waktu sekarang bisa menjadi aset berharga di masa depan.

Kebiasaan burukSalah satu hal yang harus kita hindari supaya bisa menabung adalah kebiasaan buruk. Yakni saat memegang uang lebih, kita sering kali menjadi punya hasrat untuk membeli segala sesuatu. Cobalah batasi keinginan kita untuk membeli barang-barang tak penting yang bukan jadi kebutuhan kita.

UtangKartu kredit bisa jadi pedang bermata dua, di sisi lain banyak promo dan kelebihan yang diberikan oleh kartu kredit, di sisi lain tumpukan utang kita kian “subur”. Untuk kita yang belum bisa mengendalikan keuangan, pikir seribu kali untuk membuka kartu kredit.Terlalu banyak tagihanCobalah cek kembali tagihan bulanan kita. Jika ada biaya yang dapat kita kurangi tiap bulannya, tak ada salahnya untuk berhenti berlangganan atau mungkin tidak memakai jasa tersebut sama sekali.Itulah 4 hal yang harus kita hindari supaya bisa menabung. Selamat mencoba. (Kompas)