Find Us On Social Media :

Berikut Hal yang Perlu Dipersiapkan Bila Berniat Membantu Keuangan Orangtua yang Sudah Pensiun

By Arnaldi Nasrum, Kamis, 11 Juni 2015 | 19:30 WIB

Berikut Hal yang Perlu Dipersiapkan Bila Berniat Membantu Keuangan Orangtua yang Sudah Pensiun

Intisari-Online.com - Orangtua yang telah pensiun akan memiliki pendapatan yang pas-pasan. Sehingga bukan tidak mungkin mereka akan menggantungkan hidupnya pada sang anak. Nah, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan bila berniat membantu orangtua memenuhi kebutuhan keuangan saat sudah pensiun:

Hitung Kebutuhan Dana

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menghitung berapa besar kebutuhan dana pensiun orangtua kita. Karena itu, kita perlu menanyakan kepada orangtua berapa besar dana pensiun yang mereka dapatkan setelah pensiun. Tanyakan juga bagaimana skema pencairan dana pensiunnya, apakah dicairkan sekaligus atau dibayarkan secara bulanan. Jangan lupa hitung pula berapa besar utang orangtua yang masih tersisa serta tanggungan yang masih harus dibayarkan orangtua. Misalnya, masih ada saudara yang pendidikannya ditanggung orangtua.

Amankan biaya kesehatan

Seiring dengan bertambahnya usia, seseorang juga akan semakin rentan dengan penyakit. Karena itu kita perlu menyiapkan biaya kesehatan untuk orangtua kita. “Orangtua biasanya perlu melakukan cek kesehatan secara berkala,” kata Rakhmi Permatasari, perencana keuangan dari Safir Senduk & Rekan. Untuk kebutuhan biaya kesehatan, perencana keuangan menyarankan mengambil asuransi kesehatan bagi orangtua.

Susun prioritas dana

Setelah menyiapkan dana untuk biaya kesehatan, kita bisa menyusun prioritas pengeluaran orangtua lainnya di masa pensiun. Ada baiknya dana yang disiapkan digunakan untuk melunasi utang orangtua terlebih dulu. Dengan demikian, dana pensiun yang diterima oleh orangtua bisa digunakan untuk membiayai pengeluaran rutin sehari-hari. Dana yang tersisa bisa digunakan untuk membayar tanggungan yang menjadi tanggungjawab orangtua.

Atur pemberian dana

Pertimbangkan cara pemberian bantuan biaya pensiun kepada orangtua kita. Perencana keuangan menyarankan sebaiknya dana diberikan kepada orangtua dalam bentuk uang saku bulanan. Dana untuk uang saku bulanan ini bisa diinvestasikan ke dalam reksadana pendapatan tetap. “Atau bisa juga dimasukkan ke dalam deposito dan memanfaatkan imbal hasilnya,” sebut Rakhmi. Ada cara untuk memperingan uang saku bulanan bagi orangtua, yakni dengan cara mengajak orangtua tinggal satu rumah dengan salah satu anaknya.

Beri sumber pemasukan baru Kita juga bisa memberikan pemasukan baru bagi orangtua kita. Misalnya, siapkan bisnis untuk dijalankan oleh mereka. “Usahakan bisnisnya yang tidak terlalu merepotkan bagi orang tua, mengingat usia mereka yang tidak lagi muda,” kata Rakhmi.(Edy Can/kontan.co.id)