Find Us On Social Media :

Tips Menjadi Pembeli yang Cerdas

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 13 Juni 2015 | 10:00 WIB

Tips Menjadi Pembeli yang Cerdas

Intisari-Online.com - Berbelanja memang dapat menjadi obat penghilang stres. Namun, kegiatan tersebut dapat menjadi sebuah bencana untuk keuangan kita. Kita akan cenderung membeli semua yang ada di tempat belanja yang menurut kita menarik. Agar tidak terjebak, kita harus bisa menjadi pembeli yang cerdas. Berikut adalah tipsnya:

1. Menahan godaan “SALE”

Jangan terburu-buru pergi ke tempat belanja yang menawarkan “sale”. Sebaiknya kita harus melihat apakah barang tersebut adalah barang yang benar-benar kita butuhkan. Membeli barang yang tidak kita butuhkan, meskipun sedang “sale”, itu tidaklah benar.

2. Hindari “Beli 3 Gratis 1”

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jangan membeli barang yang tidak kita butuhkan. Kita cenderung tertarik untuk membeli barang yang bertuliskan “beli 3 gratis 1”. Kadang kita memang membutuhkan satu barang tersebut, namun karena ada promo itu, lalu kita membeli tiga yang sebenarnya tidak kita butuhkan.

3. Singkirkan kartu kredit

Menggunakan kartu kredit adalah salah satu cara yang kurang tepat saat berbelanja. Hal ini akan mendorong hasrat berbelanja lebih besar. Ketika berbelanja menggunakan kartu kredit, kita tidak melihat secara nyata jumlah uang yang dikeluarkan sehingga kita merasa masih bisa untuk berbelanja lagi dan lagi. Ini kemudian secara tidak langsung membuat kita menghabiskan uang banyak.

4. Buat daftar belanja

Catat apa saja yang kita butuhkan, sehingga ketika berbelanja, kita tetap fokus pada daftar yang sudah kita buat. Ini juga akan membantu kita terhindar dari membeli barang yang tidak dibutuhkan.

5. Siapkan anggaran mingguan atau bulanan

Dengan menyediakan anggaran sesuai waktu, maka akan membantu kita disiplin dalam pengeluaran uang. Kita juga harus memastikan bahwa uang kita tidak habis dengan sia-sia sebelum waktu yang ditentukan.

Cerdas dalam berbelanja akan membantu kita dalam menjalani serta memimpin kehidupan yang lebih baik dan bahagia. Kita pun akan lebih menghargai uang yang kita miliki. Apa Anda punya jadwal berbelanja weekend ini? Jadilah pembeli yang cerdas!