Find Us On Social Media :

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pindah Rumah

By Arnaldi Nasrum, Selasa, 16 Juni 2015 | 14:00 WIB

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pindah Rumah

Intisari-Online.com - Setiap keluarga akan mungkin melakukan pindah rumah. Entah itu karena tuntutan penempatan kerja maupun sekedar merasakan lingkungan baru. Tapi, pindah rumah ini bukan hal sepele. Selain membutuhkan biaya, juga ada persiapan agar proses pindah rumah berjalan lancar. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum pindah rumah.

Biaya pindahan

Yang perlu diingat, biaya yang bakal dikeluarkan saat seseorang pindah rumah bukan sekadar biaya saat pengangkutan barang dan biaya lain-lain di hari pindahan. Ada biaya-biaya lain yang bisa jadi perlu dikeluarkan oleh orang saat pindah rumah. Misalnya saja biaya untuk merenovasi rumah dan mengurus administrasi kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Cek kondisi rumah yang baru

Pastikan rumah baru yang kita tuju siap untuk ditinggali, terutama bila kita akan tinggal di rumah kontrak atau rumah seken. Bisa jadi kita masih harus melakukan renovasi bila ada kerusakan di rumah itu. Anda terutama mungkin perlu mengganti kunci dan gerendel pintu di rumah tersebut demi alasan keamanan.

Buat rencana yang matang

Idealnya, kita menyusun rencana pindahan jauh-jauh hari. Tentu saja, ini dengan asumsi kita pindah rumah bukan lantaran faktor yang membuat kita harus pindah mendadak, seperti bencana. Persiapkan waktu yang cukup sehingga kita tidak perlu pindah rumah dengan tergesa-gesa. Selain bisa menyiapkan kepindahan dengan tenang,kita juga punya waktu membuat perhitungan biaya yang perlu dikeluarkan untuk pindah rumah.

Alokasikan dana lain-lain

Kita juga harus siap dengan pengeluaran dadakan saat pindahan. Misalnya, bila kita menggunakan jasa pindahan, biasanya perusahaan layanan pindahan akan mengenakan biaya tambahan apabila kondisi medan di lokasi rumah lama atau rumah baru menyulitkan proses pindahan.

Bawa barang yang benar-benar penting

Pastikan barang-barang yang akan kita bawa pindah adalah barang-barang yang memang dibutuhkan di tempat baru. Pisahkan barang yang bakal kita butuhkan dan barang yang tidak perlu dibawa. Pertimbangkan barang-barang yang kita butuhkan ini sesuai dengan tujuan rumah baru, apakah itu rumah sendiri atau rumah kontrak.